Bupati Kabupaten Puncak, Willem Wandik. Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin.
Bupati Kabupaten Puncak, Willem Wandik. Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin.

Bupati Puncak Sebut Aktivitas Pemerintahan Belum Normal Pascateror KKB

Nasional penembakan
Roylinus Ratumakin • 21 April 2021 15:08
Jayapura: Situasi di Distrik Ilaga dan Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, berangsur kondusif pascaaksi penembakan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pekan lalu.
 
“Kondisi di Distrik Beoga sudah berangsur aman dan pesawat sudah bisa masuk ke sana. Pergeseran pasukan TNI-Polri di Ilaga dan Beoga bukan untuk membuat masyarakat takut, namun memberikan rasa aman kepada masyarakat agar mereka dapat beraktivitas kembali,” kata Bupati Kabupaten Puncak, Willem Wandik, Rabu, 21 April 2021.
 
Kendati kondusif, Wandik mengungkapkan roda pemeritahan di Distrik Beoga belum sepenuhnya pulih mengingat masih ada rasa trauma pada masyarakat terutama bagi tenaga pendidik dan kesehatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Polda Jabar Gelar Penyidikan Setelah SPDP Kilang Balongan Terbit
 
“Aktivitas pemerintahan, belajar mengajar, dan kesehatan belum normal. Kami harus akui itu, karena pegawai masih trauma, butuh waktu, mereka ini perlu dilakukan trauma healing. Kami juga harus pastikan dan mampu menyakinkan mereka bahwa kondisi benar-benar aman bagi mereka, baru bisa balik. Selama belum ada (jaminan) itu, pasti sebagai manusia mereka masih takut,” ungkapnya.
 
Sementara itu, Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia menyampaikan saat ini aparat keamanan baik TNI maupaun Polri terus bersinergi meningkatkan keamanan bagi masyarakat.
 
“TNI-POLRI sudah melakukan patroli bersama khususnya di wilayah Ibu Kota Ilaga, terutama beberapa titik yang berpotensi adanya gangguan keamanan, termasuk melakukan razia senjata tajam, juga patroli rutin skala besar di bandara Aminggaru guna memastikan aktivitas penerbangan serta bongkar muat barang berjalan lancar, termasuk juga razia ke pasar Ilaga,“ imbuh Punia.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif