Banjir melanda 11 kecamatan di Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh. Foto: Dokumentasi BPBA.
Banjir melanda 11 kecamatan di Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh. Foto: Dokumentasi BPBA.

10.043 Jiwa Terdampak Banjir Aceh Tamiang

Nasional hujan banjir bencana banjir
Fajri Fatmawati • 22 Januari 2021 13:30
Banda Aceh: Sebanyak 4.147 jiwa mengungsi akibat banjir di Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh. Korban terdampak banjir mencapai 2.437 kepala keluarga dengan 10.043 jiwa.
 
"4.147 jiwa sudah mengungsi akibat banjir yang semakin meluas," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas, Jumat, 22 Januari 2021.
 
Banjir terjadi sejak Senin, 18 Januari 2021, pukul 10.00 WIB. Ketinggian air yang menggenangi permukiman penduduk mencapai 150 sentimeter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Akibat curah hujan dengan intensitas tinggi sehingga menyebabkan beberapa desa yang yang berada di sepanjang aliran sungai mengalami banjir dan tanggul pecah di beberapa titik sehingga meluas hingga ke sebelas kecamatan," ujarnya.
 
Baca: Banjir di Aceh Tamiang Meluas ke 11 Kecamatan
 
Ilyas memerinci 11 kecamatan yang terendam banjir yakni, Kecamatan Bandar Pusaka, Tenggulun, Sekerak, Bendahara, Kota Kuala Simpang, Karang Baru, Tanjung Karang, Rantau, Seruway, Kejuruan Muda, dan Tamiang Hulu.
 
"Dampak materialnya terendamnya rumah warga di sebelas kecamatan dan pecahnya tanggul. Kemudian, total korban terdampak ada sekitar 2.437 kepala keluarga dengan 10.043 jiwa," ucap dia.
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tamiang melakukan koordinasi dengan perangkat desa. Selain itu, pemantauan debit air dan pendataan masih dilakukan.
 
"Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini. Namun, untuk data pengungsi masih dalam pendataan, untuk kondisi terakhir saat ini air belum surut," jelasnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif