Banjir di KabupatenAceh Timur. Istimewa
Banjir di KabupatenAceh Timur. Istimewa

Banjir di Aceh Timur Meluas ke 12 Kecamatan

Nasional hujan banjir bencana banjir
Fajri Fatmawati • 09 Januari 2021 13:04
Banda Aceh: Banjir di wilayah Kabupaten Aceh Timur, Aceh, meluas ke 56 desa di 12 kecamatan. Ketinggian air yang menggenangi permukiman antara 20 hingga 40 sentimeter.
 
“Banjir terjadi sejak pukul 23.00 WIB, Jumat, 1 Januari 2021. Banjir akibat hujan dengan intensitas tinggi sepekan terakhir, sehingga air sungai meluap,” ujar Kepala Pelaksana Bencana Aceh (BPBA), Sunawardi, Sabtu, 9 Januari 2021.
 
Sunawardi memerinci 12 kecamatan yang terdampak banjir. Yakni, Kecamatan Birem Bayeun, Ranto Peureulak, Idi Tunong Rantau Selamat, Peureulak Timur, Sungai Raya, Banda Alam, Simpang Ulim.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemudian, Kecamatan Peureulak Barat, Peureulak, Pante Bidadari, dan Julok," ujarnya.
 
Dia mengungkap, longsor terjadi di sejumlah lokasi. Yakni material longsor terdampak ke satu unit rumah di Gampong Paya Awe Kecamatan Idi Tunong, beberapa jembatan dan badan jalan.
 
Baca: 9 Desa di Gresik Terdampak Banjir Luapan Kali Lamong
 
"Badan Jalan di Gampong Seunuebok Cina mengalami amblas, beberapa fasilitas yang terdampak seperti sekolah, sawah, dan perkebunan masih dalam pendataan," ujarnya.
 
Korban terdampak berdasarkan data BPBA sebanyak 1.476 kepala keluarga dengan 5.255 jiwa. Sementara pengungsi sebanyak 90 kepala keluarga dengan 475 jiwa.
 
"Untuk korban jiwa ada tiga orang jiwa, meninggal dunia. Kejadian itu berawal saat korban bersama empat orang temannya sedang bermain di kolam tambak ikan, Tiba-tiba korban terpeleset dan jatuh ke kolam," ucap Sunawardi.
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Timur telah menurunkan satgas Penanggulangan Bencana ke lokasi untuk mengevakuasi warga, menyalurkan logistik.
 
"Petugas kita terus melakukan pendataan dan siaga di lokasi kejadian. Untuk kondisi terakhir di beberapa titik debit air meningkat dan keadaan masyarakat di lokasi banjir masih aman terkendali," jelasnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif