ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

11 Daerah di Jatim Diberlakukan PPKM

Nasional Virus Korona covid-19 PSBB pandemi covid-19
Amaluddin • 09 Januari 2021 19:21
Surabaya: Sebanyak 11 kabupaten/kota di Provinsi Jatim akan diterapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai 11-25 Januari 2021. Adapun 11 kab/kota tersebut yakni Kota Surabaya, Kab. Sidoarjo, Kab. Gresik, Kota Malang, Kab. Malang, Kota Batu, Kota Madiun, Kab. Madiun, Kab. Lamongan, Kab. Ngawi dan Kab. Blitar. 
 
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan berdasarkan Inmendagri 1/2021 diktum satu disebutkan bahwa daerah prioritas adalah Surabaya Raya dan Malang Raya. Sedangkan diktum tiga yang menyebutkan bahwa Gubernur juga dapat menetapkan kabupaten/kota lain. 
 
"Maka landasan penetapan kabupaten dan kota yang akan diberlakukan PPKM, adalah daerah yang ditetapkan sebagai prioritas dalam Inmendagri 1/2021, daerah yang masuk zona merah dalam peta BNPB, serta daerah yang  memenuhi seluruh kriteria empat indikator," kata Khofifah, di Surabaya, Sabtu, 9 Januari 2021.
 
Baca: Pembagian Bansos Tunai di Tangerang Timbulkan Kerumunan
 
Khofifah menerangkan, berdasarkan empat Indikator yang telah ditetapkan, ada dua daerah di Jatim yang memenuhi kriteria tersebut, yakni Kota Madiun dan Kabupaten Madiun. Sedangkan berdasarkan peta risiko covid-19 yang diterbitkan oleh Gugus Tugas covid-19 Pusat, Jatim juga memiliki tiga zona merah saat ini yakni Kab. Blitar, Ngawi, dan Lamongan. 
 
“Berdasarkan berbagai pertimbangan tersebut baik Instruksi Kemendagri, kemudian 4 indikator serta peta resiko Covid-19 yang diterbitkan Gugus Tugas pusat, maka ditetapkan 11 kab/kota di Jatim diberlakukan PPKM mulai 11 hingga 25 Januari 2021,” kata Khofifah.
 
Khofifah mengajak semua pihak termasuk masyarakat ikut mematuhi pelaksanaan PPKM. Dengan kerjasama semua pihak, ia berharap penyebaran covid-19 dapat terus ditekan sehingga kegiatan masyarakat termasuk pemulihan ekonomi dapat berjalan maksimal. 
 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif