Pelontar ujaran kebencian terhadap Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Dzikria Dzatil, di Mapolrestabes Surabaya, Jatim. (Foto: Medcom.id/Syaikhul Hadi)
Pelontar ujaran kebencian terhadap Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Dzikria Dzatil, di Mapolrestabes Surabaya, Jatim. (Foto: Medcom.id/Syaikhul Hadi)

Penghina Risma Meminta Maaf

Nasional pencemaran nama baik
Syaikhul Hadi • 04 Februari 2020 11:32
Surabaya: Dzikria Dzatil, pelontar ujaran kebencian terhadap Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) meminta maaf. Ia menyesal menghina Risma melalui akun Facebook-nya.
 
"Saya sama sekali tidak membenci Bunda Risma. Saya hanya terpancing oleh status-status negatif di media sosial. Saya berharap Bunda Risma mau memaafkan saya," ujar Dzikria di Mapolrestabes Surabaya, Jawa Timur, Selasa, 4 Februari 2020.
 
Dzikria mengaku mendapatkan perundungan setelah menghina Risma. Bahkan, seluruh keluarga harus ikut menanggungnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya di-bully, anak-anak saya diteror. Kami sekeluarga jadi tidak tenang," ungkapnya.
 
Menurut Dzikria, penyesalannya bukan datang setelah ia ditangkap polisi. Jauh sebelum itu, ia menyesal mengunggah status di akun Facebook terkait Risma.
 
Sementara itu, Kapolrestabes Surabaya Kombes Sandi Nugroho mengatakan setelah melakukan pemeriksaan beberapa saksi, Dzikria dijemput di rumahnya, di Bogor, Jawa Barat. Kini, pelaku ditetapkan sebagai tersangka.
 
"Statusnya naik menjadi tersangka," kata Sandi.
 
Dzikria dinilai bersalah telah melakukan penghinaan, ujaran kebencian, dan pelanggaran UU ITE. Penyidikan kasus dimulai ketika polisi mendapatkan desakan dari masyarakat untuk mengusutnya.
 
"Setelah ada laporan masuk ke kepolisian, kita lakukan pemeriksaan terhadap 16 saksi, termasuk ahli, hingga berujung pada penetapan tersangka," jelasnya.
 
Pada 16 Januari 2020 akun Dzikria Dzatil dilaporkan ke polisi oleh Bagian Hukum Pemerintah Kota Surabaya karena dinilai menghina Risma. Dalam tangkapan layar akun Facebook tertanggal 16 Januari 2020 milik Dzikria, terdapat foto dengan keterangan, 'Anjiir...asli ngakak abis...nemu nih foto sang legendaris kodok betina.'
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif