ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Yogyakarta Operasikan Laboratorim Tambahan Uji Sampel PDP

Nasional Virus Korona
Ahmad Mustaqim • 29 Mei 2020 22:53
Yogyakarta: Yogyakarta mulai mengoperasikan laboratorium tambahan untuk menguji sampel pasien dalam pengawasan (PDP). Laboratorium baru ini berada di Balai Besar Veteriner (BB Vet) Wates, Kabupaten Kulon Progo.
 
"Kami informasikan bahwa mulai hari ini sampel swab dari Kulon Progo sudah tidak lagi dikirim ke Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta, tetapi ke BBVet Wates," kata juru bicara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo untuk Penanganan Covid-19, Baning Rahayujati, Jumat, 29 Mei 2020.
 
Baca: 15 Daerah di Jabar Terapkan New Normal pada 1 Juni

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baning mengatakan Dinas Kesehatan Kulon Progo mulai mengirimkan sampel PDP maupun ODP dari rumah sakit mulai Sabtu, 30 Mei 2020. Ia mengatakan sampel yang akan dikirim merupakan ODP yang jalani rapid tes dengan hasil reaktif.
 
"ODP ini diisolasi mandiri di rumah. Sementara domisili belum kami infokan untuk menjaga privacy dan kelancaran isolasi mandiri. Harapannya (tambahan laboratorium) bisa tahu hasil lebih cepat," jelas Baning.
 
Selain BB Vet Wates, Kulon Progo, ada tiga laboratorium di Yogyakarta yang telah beroperasi lebih dulu. Mulai dari (BBTKLPP) Yogyakarta, RSUP Dr Sardjito, dan Laboratorium Mikrobiologi UGM. Kapasitas uji sampel pasien dipastikam bertambah.
 
Juru bicara Pemerintah DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih, mengatakan ada penambahan dua kasus positif pada Jumat, 29 Mei 202. Dua kasus baru itu yakni warga negara India, laki-laki 63 tahun dan perempuan 31 tahun warga Sleman.
 
Selain itu ada tambahan tujuh pasien sembuh dari covid-19. Empat dari tujuh orang itu merupakan warga Sleman, kasus 28, peremphan 52 tahun; kasus 80, laki-laki 60 tahun; kasus 155, laki-laki 28 tahun; dan kasus 190, perempuan 29 tahun.
 
Sementara dua pasien sembuh beralamat di Kulon Progo, kasus 144, laki-laki 49 tahun; dan kasus 188, laki-laki 31 tahun. Adapun satu pasien sisanya yakni warga Gunungkidul, laki-laki 49 tahun.
 
"Jadi, jumlah kasus covid-19 saat ini 230, terdiri 150 sembuh, 8 meninggal, sisanya dirawat. Jumlah PDP 1.480 dan ODP 6.591," pungkasnya.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif