ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

RS Darurat Berbasis Tenda di Surabaya Siap Rawat Pasien Covid-19

Nasional Virus Korona PSBB
Amaluddin • 16 Mei 2020 09:00
Surabaya: Rumah sakit darurat berbasis tenda di Gedung Puslitbang Humaniro milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di Surabaya siap dioperasikan. Di sana ada tiga tenda untuk penanganan pasien covid-19.
 
"Alhamdulillah Menkes sudah mmemberikan izin. Persiapan di Puslitbang sudah jalan, ijin juga sudah ada. Insyaallah Minggu atau Senin sudah bisa menerima pasien," kata Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Covid-19 Jatim, Joni Wahyuhadi, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat malam, 15 Mei 2020.
 
Baca: Klaster Gowa Sumbang Kasus Covid-19 Terbanyak di Purworejo

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Direktur RSUD Dr. Soetomo itu, mengatakan Kemenkes memberi izin penggunaan gedung dan tenda sebagai RS darurat cukup lama, yakni satu tahun. Ini lantaran kasus covid-19 khususnya di Surabaya Raya terus meningkat.
 
"Meski izinnya cukup lama, kami berharap angka penyebaran korona di Surabaya Raya turun di akhir Mei atau bulan Juni mendatang," katanya.
 
RS darurat berbasis tenda ini direncanakan dapat menampung sekira 70-75 pasien dan dapat digunakan oleh pasien dari daerah manapun di Jatim. Selain RS darurat berbasis tenda, adapula RS yang menggunakan bangunan bekas dari RS Kelamin di area Puslitbangkes tersebut.
 
"Sementara yang tengah dipersiapkan dapat menampung 200 pasien, namun tak menutup kemungkinan apabila terjadi kenaikan RS darurat bisa menampung sampai 500 pasien," pungkasnya.
 
RS darurat ini disiapkan untuk merawat pasien positif covid-19 dengan gejala ringan dan sedang. Hal ini dikakukan untuk mengurangi kelebihan pasien yang ada di RS rujukan yang mengalami overload atau melebihi kapasitas.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif