ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal.
ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal.

Pemkab Jepara Bentuk Tim Konvergensi Stunting

Nasional stunting
Rhobi Shani • 08 Februari 2020 14:16
Jepara: Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, membentuk tim konvergensi staunting untuk menangani kasus stunting di Bumi Kartini.
 
Tim konvergensi beranggotakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian. Juga pemerintah desa, utamanya desa yang menjadi lokus penanganan stunting tahun ini.
 
"Karena sebetulnya maslah stunting ini tidak hanya terkait masalah kesehatan saja. Dinas-dinas nanti bertugas sesuai dengan dinasnya masing-masing. Kami nanti terkait teknis penanganan gizinya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, Mundrikatun, saat dikonfirmasi, Sabtu, 8 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk menekan angka stunting Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara telah menyiapkan sejumlah langkah. Diantaranya pemberian makanan tambahan dan vitamin untuk bayi. Serta pemeriksaan gizi bayi secara rutin.
 
"Kami juga mendorong desa untuk mengalokasikan 10 persen dana desa dialokasikan untuk kesehatan. Terutama 10 desa yang menjadi lokus tahun ini dan kelihatannya sudah," jelas Mundrikatun.
 
Seperti diketahui tahun ini ada empat kabupaten di Jawa Tengah yang menjadi lokus stunting nasional. Salah satu kabupaten yang dijadikan lokus di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Jepara. Tahun ini, ada sepuluh desa yang menjadi lokus di Kota Ukir.
 
Sejak dua tahun terkhir angka stunting di Bumi Kartini menurun. Pada tahun 2018 bayi di bawah lima tahun (balita) yang mengalami stunting sebanyak 20.766 jiwa. Itu setara dengan 27,01 persen jumlah balita. Tahun 2019 turun menjadi 9.254 bayi stunting atau 19,61 persen.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif