NEWSTICKER
Para peserta aksi unjuk rasa buruh di depan Gedung Sate, Kota Bandung, diberikan bunga oleh polisi dan diwarnai swafoto dengan para polwan
Para peserta aksi unjuk rasa buruh di depan Gedung Sate, Kota Bandung, diberikan bunga oleh polisi dan diwarnai swafoto dengan para polwan

Demo Buruh di Bandung Diwarnai Swafoto Dengan Polwan

Nasional Demo Buruh
P Aditya Prakasa • 02 Oktober 2019 17:54
Bandung: Ratusan massa buruh melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung Sate Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung, Rabu, 2 Oktober 2019. Berbeda dengan aksi-aksi sebelumnya, para buruh yang tergabung dari berbagai kelompok menyuarakan tuntutannya dengan damai.
 
Ketua Pimpinan Cabang Forum Serikat Pekerja Mesin dan Komponen Indonesia (FSPMI) Purwakarta Ade Supyani menegaskan, aksi yang dilakukan kali ini tidak ada hubungannya dengan pelantikan presiden dan wakil presiden. Dia menegaskan, buruh akan fokus kepada tuntutan mengenai isu ketenagakerjaan.
 
"Kita enggak ada hubungannya dengan politik, saya enggak mau terlibat termasuk dalam pembicaraan bagaimana supaya diundur dan dibatalkan. Kita fokus ketenagakerjaan," kata Ade di sela-sela aksi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Demo Buruh di Bandung Diwarnai Swafoto Dengan Polwan
 
Ade mengatakan, pihaknya akan mendukung siapapun yang dilantik sebagai presiden. Namun dia menuntut agar kengininan para buruh didengar dan dikabulkan oleh pemerintah juga DPR sebagai perwakilan rakyat.
 
Para peserta aksi menyuarakan pendapatnya masing-masing dengan cara orasi. Mereka pun menuntut, menolak revisi Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan, dan menagih revisi PP Nomor 78 Tahun 2015.
 
"Karena seperti yang kita tahu, DPR RI sudah dilantik. Harapan saya buat rekan-rekan kita di Jakarta bisa menyampaikan kepada DPR RI yang baru, bisa serius menanggapi atau memikirkan apa yang kami sampaikan hari ini," ucap dia.
 
Pantauan Medcom.id, para buruh secara serentak mengelilingi mobil komando yang memutar lagu Indonesia Raya dengan menggunakan pengeras suara. Selain itu, tampak para polwan membagikan air mineral dan setangkai bunga kepada para pengunjuk rasa.
 
"Ini salah satu upaya kami dengan harapan para pengunjuk rasa dapat bekerja sama dalam menjaga kondusifitas Kota Bandung dengan menyuarakan pendapat dengan tertib, sesuai peraturan undang-undang yang berlaku," kata Kepala Polrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema, saat ditemui di lokasi unjuk rasa.
 
Demo Buruh di Bandung Diwarnai Swafoto Dengan Polwan

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif