Masyarakat Peduli Pelayanan Publik (MP3) saat audiensi dengan DPRD DIY, Senin, 12 Desember 2019. Medcom.id/ Patricia Vicka
Masyarakat Peduli Pelayanan Publik (MP3) saat audiensi dengan DPRD DIY, Senin, 12 Desember 2019. Medcom.id/ Patricia Vicka

Masyarakat Usul Trans Jogja Diaudit

Nasional transportasi
Patricia Vicka • 02 Desember 2019 18:17
Yogyakarta: Masyarakat Yogyakarta yang tergabung dalam Peduli Pelayanan Publik (MP3) mengusulkan Pemda DIY mengaudit secara menyeluruh pengelola dan operasional Trans Jogja. Desakan ini sampaikan perwakilan MP3 kepada wakil rakyat di gedung DPRD DIY, Senin, 2 Desember 2019.
 
Perwakilan MP3, Tri Wahyu, menjelaskan audit didasarkan pada beberapa peristiwa kecelakaan yang terjadi antara Trans Jogja dengan kendaraan lain.
 
"Kecelakaan yang kemarin hanyalah salah satu kecelakaan lainnya yang pernah terjadi. Sudah waktunya Pemda DIY mengaudit pengelola Trans Jogja dan juga pengelolaan TJ," kata Wahyu di Yogyakarta, Senin, 2 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wahyu menjelaskan jia pihaknya mendapat keluhan dari masyarakat soal sopir Trans Jogja kerap ugal-ugalan dan melanggar rambu lalu lintas. Selain itu ada beberapa bus TJ yang tidak terawat dan mengeluarkan asap yang tebal dan pekat.
 
"Padahal pengemudi TJ itu tidak dibayar berdasarkan jumlah penumpang. Tapi dibayar berdasarkan jam kerja. Perlu ada reformasi menyeluruh untuk Trans Jogja," kata Wahyu.
 
Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana mengatakan pihaknya akan segera memanggil pegelola Trans Jogja dan Dinas Perhubungan DIY untuk menyampaikan aspirasi perwakilan MP3. Ia menilai audit menyeluruh perlu dilakukan Pemda DIY.
 
"Kita akan komunikasikan dengan Komisi C yang mengurusi soal transportasi untuk lakukan itu (audit) Tiap tahun Pemda mengganggarkan Rp 81 Miliar untuk subsidi biaya operational TJ. Kami perlu tahu larinya kemana," tegas Huda.
 
Audit dibutuhkan untuk modal pengelola TJ memperbaiki layanan kepada masyarakat. Huda juga akan menyarankan kepada pengelola TJ untuk melakukan sertifikasi dan pelatihan khusus mengemudi kepada pengemudi TJ.
 
Dengan adanya audit, ia yakin TJ bisa menjadi transportasi publik yang bisa diandalkan dan disukai warga Yogyakarta. Pasalnya Kedepan, Dinas Perhubungan memiliki rencana untuk memperluas trayek dan menambah jumlah bus Trans Jogja. Salah satu rute baru bus Trans Jogja adalah KOta Yogyakarta ke Bandara Yogyakarta International (YIA)
 
"Kami juga mau usul agar TJ menggratiskan seluruh penumpang yang masih jadi pelajar. jadi TJ bisa menjadi bus sekolah yang gratis untuk para siswa," pungkas Huda.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif