Ilustrasi--Warga mengangkut air bersih bantuan dari BPBD. (Foto: ANTARA/Siswowidodo)
Ilustrasi--Warga mengangkut air bersih bantuan dari BPBD. (Foto: ANTARA/Siswowidodo)

Warga Jepara Keluhkan Aliran PDAM yang Tersendat

Nasional krisis air bersih
Rhobi Shani • 09 September 2019 16:17
Jepara: Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mengeluhkan aliran air yang tersendat. Kondisi ini dialami sejak Juni 2019.
 
Septi, warga Kedung, Jepara, menyebut aliran PDAM mulai tak lancar sejak memasuki musim kemarau. Hingga hari ini pasokan air dari PDAM hanya berlangsung dua jam dalam sehari.
 
"Itu pun mengalirnya tengah malam. Jadi kalau malam tidak bangun menyalakan air ya tidak dapat," keluh Septi, Senin, 9 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak cuma saat musim kemarau, Septi mengatakan aliran air PDAM saat musim hujan pun tidak layak konsumsi. Air kerap keruh sehingga hanya bisa dimanfaatkan untuk mencuci.
 
Senada, Yahya, warga Kaliombo, mengatakan pasokan air PDAM tak lagi lancar sejak Juli 2019. Hal itu diperparah dengan sumber air dari sumur yang kini mengering.
 
"Krisis air sudah dua bulan. Ada PDAM tapi tidak jalan, air kadang saja keluar tapi tidak lancar," unglap Yahya.
 
Yahya mengaku untuk kebutuhan konsumsi, mandi, dan mencuci mengandalkan air jeriken yang dijual keliling. Ia harus mengeluarkan uang Rp4.000 untuk satu jeriken dengan asumsi kebutuhan air setiap hari mencapai lima jeriken.
 
Beban Septi dan Yahya bertambah ketika mereka tetap dikenakan kewajiban membayar tagihan air setiap bulan. Rp22 ribu adalah nilai minimal yang harus dikeluarkan warga untuk membayar air PDAM.
 
Sementara itu, Direktur PDAM Jepara Prabowo mengakui pasokan air ke masyarakat sepanjang kemarau mengalami penurunan. Hal ini akibat penyusutan debit air di Desa Kedungmalang.
 
"Untuk kebutuhan setiap hari kami suplai dengan mobil tangki sesuai permintaan pelanggan," kata dia.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif