Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, Jumat 13 Desember 2019
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, Jumat 13 Desember 2019

Sultan HB X Beri Syarat Mobil Listrik Mengaspal di DIY

Nasional mobil listrik
Patricia Vicka • 13 Desember 2019 18:09
Yogyakarta: Pemerintah bersama Grab Indonesia meluncurkan Kendaraan Online Berbasis Listrik. Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X mengemukakan persyaratan jika mobil listrik tersebut ingin mengaspal di kota Gudeg ini.
 
"Ketika mobil listrik masuk ke DIY maka harus ada yang memfasilitasi listrik untuk pengisian baterai," kata Sri Sultan usai penandatanganan MoU antara Pemda DIY dengan PT Grab Indonesia di Kantor Gubernur DIY, Jumat 13 Desember 2019.
 
Selain itu perlu dibangun stasiun pengisian bahan listrik di beberapa tempat. Dalam stasiun, pengisian listrik hanya perlu dicolokkan ke mobil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengembalikan persoalan infrastruktur mobil listrik kepada BUMN yang mengurusi persoalan listrik di tanah air ini. Raja Yogyakarta ini berharap agar PLN mampu menyiapkan sumber listrik.
 
Jika seluruh syarat terpenuhi, ia mendukung masuknya mobil listrik di DIY. Menurutnya mobil listrik cocok di DIY sebagai kota pariwisata.
 
"Mobil listrik sangat ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi udara. Pengendara sepeda motor tidak perlu menggunakan penutup hidung atau masker lagi," katanya.
 
Managing Director PT Grab Tehnologi Indonesia, Neneng M Goenadi menuturkan, Grab mobil listrik sudah diluncurkan hari ini. Namun mobil listrik penerapannya baru diujicobakan di Jakarta sebelum dikembangkan ke kota-kota yang lain.
 
“Untuk Yogyakarta suatu saat pasti akan ada. Tetapi kapan, saya tidak tahu. Nanti saya kabari,” tandasnya.
 
Peluncuran mobil listrik ini dilaksanakan di Kantor Kemenko Kemaritiman hari ini Jumat, 13 Desember 2019. Acara ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menristek Bambang Brodjonegoro, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Kepala BPPT Hammam Riza dan Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali dan Nusa Tenggara PLN, Supangkat Iwan Santosa.
 

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif