Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kiri) didampingi KASAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji (kanan) di DPR RI. (Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso)
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kiri) didampingi KASAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji (kanan) di DPR RI. (Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso)

TNI Segera Bangun Markas Baru di Tanjungpinang

Nasional tni
Anwar Sadat Guna • 25 November 2019 15:50
Tanjungpinang: Institusi TNI segera memiliki markas baru di Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Hal itu ditegaskan dengan kedatangan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang meninjau langsung lokasi pembangunan Markas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I di Dompak, Tanjungpinang.
 
"Kami mendapatkan lahan hibah seluas 20 hektare dari Pelaksana Tugas Gubernur Kepulauan Riau. Setelah persyaratan atau dokumen tanahnya selesai, awal 2020 segera dibangun Mako Kogabwilhan I, di Tanjungpinang," ujarnya, Senin, 25 November 2019.
 
Hadi mengatakan lahan peruntukan markas Kogabwilhan I cukup strategis karena menghadap ke laut. Lokasinya pun berada di area berbukit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tadi gambar site plan-nya sudah saya lihat. Segera kita tindaklanjuti untuk dibangun," kata dia.
 
Pembangunan markas Kogabwilhan I, kata dia, sudah masuk dalam rencana strategis. Pada awal 2004 pembahasan baru berupa konsep namun lima tahun kemudian atau 2019 rencana itu akan direalisasikan.
 
Tak hanya di Tanjungpinang, markas Kogabwilhan II akan dibangun di Balikpapan dan markas Kogabwilhan III di Biak, Jayapura. Pemilihan lokasi di Tanjungpinang lantaran akses ke Sabang, Aceh; Jakarta, hingga Natuna cukup baik.
 
"Itulah bagian dari kekuatan Kogabwilhan yang sudah tergelar apabila diperlukan dalam operasi penindakan seperti giat operasi perang atau keperluan non perang, dan lainnya. Wilayah cakupannya lebih mudah," jelas dia.
 
Selain itu, di Tanjungpinang sudah ada Pangkalan Udara dan juga dermaga. "Kalau pesawat tempur masuk ke Tanjungpinang mudah. Begitupun dengan tank-tank, dan pesawat angkut juga lebih mudah masuk," imbuh Hadi.
 
Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kepri TS Arif Fadillah mengatakan selain di Dompak, Pemprov Kepri juga menghibahkan lahan di Senggarang, Kota Tanjungpinang.
 
"Di Dompak seluas 20 hektare, dan di Senggarang juga seluas 20 hektare," ungkapnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif