Bus Trans Jogja yang menabrak pengendara sepeda motor. (Foto: Medcom.id/Ahmad mustaqim)
Bus Trans Jogja yang menabrak pengendara sepeda motor. (Foto: Medcom.id/Ahmad mustaqim)

Sanksi Sopir Trans Jogja Menunggu Kepastian Hukum

Nasional kecelakaan lalu lintas
Ahmad Mustaqim • 28 November 2019 18:34
Yogyakarta: Pengelola bus Trans Jogja, PT Anindya Mitra Internasional (AMI) menunggu kepastian hukum untuk memberi sanski sopir, Arif Himawan Suryadi, 32. Arif terlibat kasus kecelakaan menyebabkan seorang pengendara tewas pada Rabu, 27 November 2019.
 
"Pemberian sanksi menunggu kepastian hukum. Secara internal kami juga lakukan investigasi," kata Direktur Utama PT AMI, Dyah Puspita Sari, saat dihubungi, Kamis, 28 November 2019.
 
Dyah memastikan pihaknya mematuhi jalannya proses hukum yang berlaku. Dia menilai kecelakaan di jalan hampir dipastikan terjadi kelalaian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita akan lakukan koreksi di dalam. Pembinaan kepada mereka (pengemudi) supaya lebih mementingkan kehati-hatian dan kewaspadaan," ujarnya.
 
Dia mengaku pihaknya berulangkali mengeluarkan surat pemecatan dengan dasar dan bukti pelanggaran yang kuat. Dia menilai justifikasi negatif ke pengemudi Trans Jogja harus memiliki dasar kuat.
 
Dyah berujar pengemudi Trans Joga diseleksi ketat. Mulai tes psikologi, narkotika, dan penampilan. Pembinaan pun dilakukan intensif.
 
"Pembinaan beberapa kali dalam setahun, ada yang dilakukan periode tahunan. Dishub (Dinas Perhubungan) juga ikut lakukan pembinaan," ungkapnya.
 
Bus Trans Jogja dengan nomor polisi AB 7837 AK menabrak pengendara sepeda motor di simpang empat Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, Rabu, 27 November 2019. Korban Aji Pradana, 19, tewas seketika.
 
Bus diketahui menerobos rambu lalu lintas sehingga terjadi kecelakaan. Korban mengalami cedera di bagian kepala.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif