Suasana di Terminal Cicaheum Bandung, Kamis, 28 April 2022
Suasana di Terminal Cicaheum Bandung, Kamis, 28 April 2022

Aktivitas Mudik di Terminal Cicaheum Bandung Lengang

Nasional Mudik Lebaran kota bandung Mudik Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Roni Kurniawan • 28 April 2022 13:47
Bandung: Terminal Cicaheum Bandung, Jawa Barat, masih sepi pemudik pada H-4 Lebaran atau Kamis, 28 April 2022. Terminal Cicaheum salah satu pangkalan bus di Kota Bandung yang mengakomodasi pemudik wilayah selatan seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur.
 
Berdasarkan pantauan Medcom.id, suasana di Terminal Cicaheum masih lengang dan hanya segelintir pemudik tengah menunggu keberangakatan bus. Beberapa bus antar kota antar provinsi (AKAP) seperti tujuan Solo dan Surabaya masih mejeng di area terminal menunggu penumpang.
 
Menurut Kepala Terminal Cicaheum, Roni Hermanto, sejak Kamis subuh belum terlihat lonjakan penumpang. Pemudik masih didominasi tujuan Tasikmalaya dan Pangandaran, Jawa Barat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semenjak subuh sampai sekarang penumpang belum ada lonjakan, tapi ada sedikit tadi pagi pagi angkutan kota dalam provinsi yang ke Pangandaran maupun ke Tasikmalaya," kata Roni.
 
Baca juga: Pemudik Curhat ke Menteri ESDM, Jakarta-Cirebon 12 Jam
 
Ia menuturkan, kemungkinan lonjakan penumpang akan terjadi pada sore nanti. Terlebih hari ini merupakan hari terakhir masyarakat beraktivitas atau kerja.
 
"Ada pun lonjakan nanti diperkirakan sore, karena bus malam baru tiba diterminal Cicaheum sekitar jam tiga (pukul 15.00 WIB). Jadi kemungkinan ada peningkatan penumpang di H-4 ini di sore hari," sahutnya.
 
Namun diakuinya, jumlah penumpang sejak H-7 hingga H-5 kemarin mengalami kenaikan sekitar 50 persen dibandingkan hari biasa. Berdasarkan data masa mudik Lebaran 2019, tahun ini relatif menurun signifikan hingga 70 persen dengan periode yang sama.
 
"Catatan dari H-7 sampai H-5 sebanyak 3.500 berangkat dari Terminal Cicaheum. Ada peningkatan sebesar 50% dibandingkan hari biasa. Tapi kalau dibandingkan angkutan lebaran 2019, turun drastis. Biasanya sampah H-5 kami memberangkatkan sekitar 10 ribu pemudik," ungkap Roni.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif