Pemerintah Kota (Pemkot) Malang memantau ketersediaan dan keterjangkuan harga sejumlah komoditas bahan pokok jelang Lebaran di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu 27 April 2022.
Pemerintah Kota (Pemkot) Malang memantau ketersediaan dan keterjangkuan harga sejumlah komoditas bahan pokok jelang Lebaran di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu 27 April 2022.

Harga Sejumlah Komoditas di Malang Naik Menjelang Lebaran

Nasional pangan hari raya idul fitri sembako Lebaran 2022
Daviq Umar Al Faruq • 27 April 2022 14:32
Malang: Pemerintah Kota (Pemkot) Malang memantau ketersediaan dan keterjangkuan harga sejumlah komoditas bahan pokok jelang Lebaran di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu, 27 April 2022. Ada tiga lokasi yang dipantau, antara lain Pasar Bunul, Distributor CV Podo Seneng Sehat, dan Pertamina.
 
Wali Kota Malang, Sutiaji, mengatakan pihaknya menemukan kenaikan harga dari sejumlah komoditas bahan pokok. Kenaikan harga lantaran menjelang Hari Raya Idulfitri.
 
"Setelah dicek di lapangan, memang semua, hampir rata-rata itu ada kenaikan harga. Kenaikan itu bukan hanya karena demand yang tinggi menjelang Lebaran, tapi juga faktor dari kenaikan BBM," kata Sutiaji, Rabu, 27 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sutiaji mengaku hampir seluruh komoditas bahan pokok mengalami kenaikan. Pihaknya tengah berupaya melakukan pengendalian bersama Bank Indonesia (BI) Malang.
 
Baca: 762.251 Kendaraan Tinggalkan Jabotabek H-6 Lebaran
 
"Sementara ini yang tertinggi kenaikannya yang membawa daya ungkit inflasi itu adalah minyak goreng. Tapi ketersediaannya masih dan sudah ada. Curah juga sudah ada, harganya standar. Di distributor Rp14 ribu, di pasar Rp15 ribu, masih wajar. Untuk kemasan juga demikian," jelasnya.
 
Sutiaji menambahkan, harga gula juga mengalami kenaikan, namun tidak terlalu signifikan. Komoditas yang mengalami kenaikan signifikan adalah tepung terigu dan bawang merah.
 
"Yang kenaikannya signifikan adalah tepung terigu dan bawang merah. Itu per kilogram mengalami kenaikan hampir 20 persen. Beras tidak naik, standar, baik premium maupun medium itu standar," ujarnya.
 
Sedangkan, komoditas yang mengalami kenaikan harga cukup tinggi ialah daging ayam. Sutiaji menilai kondisi itu wajar jelang Lebaran.
 
"Yang naik banyak itu daging ayam, wajar. Daging ayam itu naik Rp5.000. Lalu yang pindah harga itu ayam kampung. Telur naik Rp1.000 per kilogram," bebernya.
 
Sementara itu, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Malang memastikan ketersediaan bahan pokok di wilayah Kota Malang, Jawa Timur, aman menjelang Lebaran 2022. Sehingga masyarakat diminta untuk tidak panik.
 
"Yang penting di tim TPID itu adalah ketersediaan, yang pasti memastikan ketersediaan stok dari bahan bakar, pangan dan lainnya. Kita cek di beberapa tempat, ketersediaan itu ada. Stok itu ada untuk memenuhi selama Lebaran," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang, Samsun Hadi, Rabu 27 April 2022.
 
Samsun menerangkan, suasana Lebaran tahun ini berbeda bila dengan Lebaran dua tahun terakhir. Sebab, Lebaran ini bakal ramai pergerakan masyarakat.
 
"Apalagi Lebaran ini merupakan Lebaran yang cukup ramai, fantastis. Jadi berdasarkan pemantauan kita, ketersediaan cukup baik. Itu penting," ungka Samsun.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif