Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berziarah ke makam Bung Karno di Blitar, Jatim. (Istimewa)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berziarah ke makam Bung Karno di Blitar, Jatim. (Istimewa)

Ziarah ke Makam Bung Karno, Ganjar Mengajak Jaga Persatuan

Nasional nahdlatul ulama Ganjar Pranowo Jawa Timur
Lukman Diah Sari • 17 April 2022 14:42
Blitar: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berziarah bersama tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Gus Muwafiq ke makam Presiden Pertama Indonesia Soekarno (Bung Karno) di Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur, Sabtu, 16 April 2022. Ganjar mengajak semua pihak menjaga persatuan.
 
Ganjar mengatakan banyak nilai-nilai kebangsaan yang diwariskan Bung Karno untuk Indonesia. Salah satunya adalah persatuan.
 
"Bagaimana kalau orang menolong orang itu didatangi terus. Bahkan sudah meninggal pun didatangi. Dan semua orang yang di sini dipersatukan, tanya ini orang datangnya dari mana, janjian apa enggak, kita tengah malam saja mau datang," tutur Ganjar, dalam keterangan tertulis, Minggu, 17 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ganjar menilai Bung Karno merupakan sosok proklamator yang sangat berjasa bagi Indonesia. Sehingga, seluruh pengabdiannya akan selalu memberikan inspirasi bagi rakyat Indonesia.
 
"Karena ada semangat memperjuangkan bangsa dan negara ini. Tadi cerita dari Gus Muwafiq, simpel dan sederhana. Artinya orang yang sungguh menginspirasi pasti balasannya adalah kebaikan," ucap Ganjar.
 
Baca: Ganjar Kaitkan Toleransi dengan Kebhinekaan saat Kunjungan ke Medan
 
Gus Muwafiq menyampaikan kepada Ganjar bahwa Indonesia beruntung memiliki pemimpin seperti Bung Karno. Pasalnya Bung Karno bisa menyatukan semua golongan menjadi satu kesatuan.
 
"Bung Karno dari Blitar mampu menyatukan bangsa dan negara. Padahal dulu kalau Bung Karno mau ikut Belanda, beres. Tapi Bung Karno atas nama bangsa Indonesia, artinya hebat Indonesia punya orang-orang yang punya pemikiran besar," ujar Gus Muwafiq.
 
Mantan asisten pribadi Presiden keempat RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu menerangkan Bung Karno juga dinilai sangat berjasa dalam menjaga keamanan bangsa. Hal itu ditunjukkan dengan kerukunan yang telah terbangun dari segala perbedaan. Dia mengungkap jika manusia pada suatu bangsa bisa terjaga, maka agamanya juga akan ikut terjaga. 
 
"Kalau Nabi Muhammad SAW, wa haazal baladil amiin, demi keamanan bangsa dan negara. Laqad khalaqnal insaana fii ahsani taqwiim, manusia itu dibikin yang terbaik, mesti dijaga. Manusia terjaga, agamanya juga terjaga," tutur Gus Muwafiq.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif