Presiden Joko Widodo - MI/Ramdani
Presiden Joko Widodo - MI/Ramdani

Pemerintah Tambah Dua Kapal untuk Transportasi di Maluku

Nasional jokowi kapal transportasi laut
09 Februari 2017 12:22
medcom.id, Ambon: Pemerintah menambah dua kapal laut roll on - roll off (ro-ro) untuk memperlancar arus transportasi di wilayah Maluku. Dua kapal tambahan yaitu Kapal Lelemuku dan Kapal Tanjung Sole.
 
"Ini akan menambah rute maupun kapasitas dan kita harapkan arus barang dan manusia akan semakin dinamis di kawasan Provinsi Maluku," kata Jokowi di atas kapal ro-ro, Dermaga Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, seperti dikutip Antara Kamis 9 Februari 2017.
 
Rencananya pemerintah juga menambah tujuh rute dan 100 kapal pada 2017 di seluruh Indonesia. Menurut Presiden, transportasi antardaerah yang lancar akan membuat harga sejumlah barang kebutuhan menurun sebesar 20-30 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Inilah yang bolak-balik kita sampaikan, yang namanya tol laut yang akan mempercepat arus barang, arus manusia dan kedua bisa menurunkan harga-harga di pulau-pulau," kata Presiden.
 
Selain penambahan fasilitas kendaraan perairan, pemerintah juga berfokus pada peningkatan mutu sumber daya manusia, terutama di sektor maritim. Presiden telah menemui sejumlah anak buah kapal yang akan mendapat pendidikan pelayaran sehingga bisa memiliki sertifikat atau buku pelaut.
 
"Dan tahun ini di sini akan ditambah kapal besar 1.500 GT karena tadi saya dengar banyak keluhan kalau pas ombak besar, yang 500 GT ini kadang berani, kadang tidak," ujar Presiden.
 
Selain kapal bertonase besar, pemerintah juga akan memberikan 100 unit kapal perikanan rakyat dengan kapasitas di bawah 500 GT. Kapal untuk menunjang kebutuhan nelayan kecil.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif