Polisi menangkap empat pelaku pembuat uang palsu di Kota Bandung. (Foto: Medcom.id/Aditya)
Polisi menangkap empat pelaku pembuat uang palsu di Kota Bandung. (Foto: Medcom.id/Aditya)

4 Pembuat Uang Palsu di Kota Bandung Diringkus

Nasional pengedar uang palsu uang palsu
P Aditya Prakasa • 28 Oktober 2020 12:41
Bandung: Polisi menangkap empat orang pembuat uang palsu di Kota Bandung, Jawa Barat, berinisial KP, 25; AS, 38; AS, 57; dan MRS, 26. Mereka telah mencetakuang palsu senilai Rp800 juta.
 
Kapolrestabes Bandung, Kombes Ulung Sampurna Jaya, mengatakan pengungkapan kasus berawal pada 13 Oktober 2020, polisi menggerebek sebuah rumah kontrakan di kawasan Gegerkalong, Kota Bandung, yang menjadi tempat pembuatan uang palsu.
 
"Saat penangkapan, para pelaku sedang melakukan kegiatan membuat uang palsu," kata dia, di Markas Polrestabes Bandung, Rabu, 28 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:100 UMKM di Banda Aceh Disuntik Modal Usaha
 
Ulung mengatakan, uang palsu itu belum sempat diedarkan oleh pelaku karena telah terendus oleh polisi. Rencananya, uang senilai Rp800 juta itu akan ditukarkan dengan uang asli.
 
Dalam melakukan aksinya, para pelaku berbagi peran dari operator mesin cetak hingga mencari donatur. Polisi masih mencari dua pelaku lain yang disebut bertanggung jawab atas seluruh kegiatan pemalsuan uang tersebut.
 
"Pemesannya dari Jakarta. Sedang dilakukan penyelidikan dan pengejaran oleh petugas, sampai saat ini belum didapati tapi terus kita kembangkan," ucap dia.
 
Para pelaku pun disangkakan Pasal 35 ayat (1) juncto Pasal 26 ayat (1) UURI Nomor 7 Tahun 2011 tentang mata uang dengan pidana penjara 10 tahun serta Pasal 244 KUHPidana dengan ancaman pidana maksimal 15 tahun.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif