ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

98 Persen Sasaran Vaksin Nakes di Kulon Progo Telah Terdata

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 vaksin covid-19 Protokol Covid-19
Ahmad Mustaqim • 06 Januari 2021 17:45
Kulon Progo: Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), telah menyiapkan tahapan vaksinasi pertama kepada tenaga kesehatan (nakes). Pendataan tenaga kesehatan yang akan divaksin hampir selesai.
 
"Dari 3.233 sasaran sumber daya manusia tenaga kesehatan telah terdata 3.160 atau 98 persen," kata juru bicara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo untuk Penanganan Covid-19, Baning Rahayujati, saat dihubungi, Rabu, 6 Januari 2021.
 
Baca: Wali Kota Bandung Yakinkan Masyarakat Soal Vaksin Covid-19

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baning menjelaskan sebanyak 23 fasilitas kesehatan, 21 puskesmas, dan 2 rumah sakit pemerintah akan jadi tempat penyuntikan vaksin. Pihaknya masih melakukan penjajakan fasilitas kesehatan lain, seperti rumah sakit dan klinik kesehatan swasta, untuk vaksinasi tahap pertama.
 
Ia menyebut sebanyak 21 puskesmas dan dua rumah sakit pemerintah itu telah memiliki kulkas untuk menyimpan vaksin dengan kapasitas rata-rata 70 liter. Sementara tempat penyimpanan vaksin juga disiapkan di Dinas Kesehatan setempat.
 
"Gudang farmasi di Dinas Kesehatan Kulon Progo mampu menyimpan 8.407 liter (vaksin)," jelasnya.
 
Baning mengatakan distribusi vaksin akan dilakukan dari gudang farmasi Dinas Kesehatan Kulon Progo menjelang penyuntikan vaksin. Pelaksanaan akan tetap menunggu keputusan pemerintah pusat meskipun telah direncanakan 14 Januari 2021 mendatang.
 
Ia menambahkan sebanyak 73 vaksinator telah disiapkan. Mereka akan memperoleh pendidikan dan pelatihan tahap kedua pada 11-13 Januari 2021, termasuk akan ada nakes dari fasilitas kesehatan tambahan.
 
"Proses penyuntukan vaksin akan dibuat empat meja sesuai arahan Kementerian Kesehatan," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif