Relawan membersihkan material longsor di Kudus, Jawa Tengah. (Foto: Medcom.id/Rhobi)
Relawan membersihkan material longsor di Kudus, Jawa Tengah. (Foto: Medcom.id/Rhobi)

6 Desa di Dawe Kudus Terdampak Longsor

Nasional tanah longsor
Rhobi Shani • 14 Januari 2020 15:28
Kudus: Hujan deras mengguyur Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, sejak Senin malam, 13 Januari 2020. Akibatnya sembilan titik di Kecamatan Dawe, terjadi longsor.
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Bergas C Penanggungan, mengatakan, longsor terjadi di Desa Kajar, Ternadi, Japan, Colo, Glagah, dan Kulon. Titik longsor paling banyak berada di Desa Ternadi.
 
“Di (Desa) Kajar ada satu titik sedangkan (Desa) Ternadi ada empat titik, yaitu di Dukuh Godang dan Dukuh Tawang Rejo,” ujar Bergas, Selasa, 14 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bergas menjelaskan longsor di Dukuh Godang, Desa Ternadi, mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak. Bahkan, hujan merobohkan tebing setinggi sembilan meter dan menimpa rumah lima warga.
 
“Hujan dari dini hari tadi sampai pagi mengakibatkan tanah menjadi jenuh ditambah tidak ada akar pohon yang dapat mengikat tanah sehingga terjadi longsor,” kata Bergas.
 
Sementara itu, longsor yang terjadi di Dukuh Tawang Rejo, Desa Ternadi, mengakibatkan jalan penghubung antardesa tertutup material longsoran. Juga menimpa bagian belakang rumah warga.
 
“Kalau yang di Desa Japan ada tiga titik longsor, lokasi pertama menutup Jalan Japan-Beji, lalu ada juga longsoran di wilayah permukiman warga,” imbuh dia.
 
Longsor di Desa Glagah Kulon juga menutup jalan desa. Sedangkan longsor di Desa Colo terjadi di permukiman warga.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif