Limpasan air sungai Piji di Desa Kesambi. Foto: Dok BPBD Kudus
Limpasan air sungai Piji di Desa Kesambi. Foto: Dok BPBD Kudus

Banjir di Kudus Akibat Limpasan Sungai

Nasional bencana banjir
Rhobi Shani • 14 Januari 2020 17:24
Kudus: Banjir di Desa Kesambi, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, sejak Senin, 13 Januari 2020 hingga hari ini, Selasa, 14 Januari, diduga disebabkan limpasan air sungai Piji. Normalisasi sungai Piji dinilai penting dilakukan.
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Bergas C Penanggungan mengatakan banjir akibat limpasan sungai Piji terjadi di pintu jembatan 3, 4, 9, dan 10. Air sungai melimpas disebabkan tingginya curah hujan, pendangkalan, dan sampah yang menyumbat di bawah jembatan.
 
"Limpasan air tidak sampai masuk rumah warga, hanya di halaman dan di jalan desa. Kalau banjir kemarin akibat penahan tanggul jebol," ujar Bergas kepada Medcom.id, Selasa, 14 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Genangan air di halaman rumah warga dan di jalan desa setinggi 10-20 sentimeter. Air menggenang di wilayah permukiman tidak lama. Saat ini air di wilayah permukiman mulai surut.
 
"Tanggul utamanya masih aman, kondisi kesannya terjadi ambrol. BBWS (Balai Besae Wilayah Sungai) sudah berencana memperbaiki, sudah direncanakan digali pondasi diberi trucuk," kata Bergas.
 
Dia melanjutkan normalisasi sungai Piji penting dilakukan untuk mengantisipasi banjir lantara potesi hujan deras masih tinggi. Sampah dan endapan yang menyumbat aliran sungai juga harus dibersihkan.
 
"Debit air sungai juga harus dimonitoring setiap saat," tandas Bergas.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif