Banjir di perumahan Pondok Gede Permai, Jatiasih, Bekasi. Foto: ANT/Saptono
Banjir di perumahan Pondok Gede Permai, Jatiasih, Bekasi. Foto: ANT/Saptono

Belasan Pompa Air di Bekasi Rusak

Nasional banjir jakarta
Gana Buana • 09 Januari 2020 12:49
Bekasi: Sebanyak 16 unit pompa air di wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, rusak terendam banjir pada Rabu, 1 Januari 2020. Pompa tersebut rata-rata rusak pada bagian mesin lantaran terendam air.
 
“Prinsip mesinnya kan sama seperti mesin mobil, air masuk ke dalam ruang pembakaran, jadi rusak,” ungkap Staff pada Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Bina Marga dan SDA (DBMSDA) Kota Bekasi, Royo pada Media Indonesia, Kamis, 9 Januari 2020.
 
Royo menjelaskan tiga unit pompa rusak di Perumahan Nusa Pala, tiga unit di Perhmahan Villa Jati Rasa, tiga unit di Perumahan Pondok Gede Permai (PGP), dua unit di Perumahan Pondok Mitra Lestari (PML), dua unit di Perumahan Jaka Kencana, serta tiga unit di Perumahan Kemang IFI.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Bila ditotal ada sekitar 16 unit rusak, kalau jumlah total pompa yang ada di Bekasi sekitar 38-an unit," kata dia.
 
Dia menerangkan pompa diletakan di atas tanggul di tiap perumahan yang dilewati aliran Kali Bekasi. Namun pompa terendam saat banjir.
 
"Hari ini kita masih melakukan pengecekan,” jelasnya.
 
Kepala Bidang SDA Dinas Bina Marga dan SDA Kota Bekasi, Zaenal, menambahkan pihaknya menyiagakan pompa portabel ukuran enam inci di titik-titik banjir sambil menunggu pompa air yang rusak diperbaiki. Pompa portable itu untuk mengantisipasi banjir saat cuaca ekstrem yang diprediksi BMKG.
 
"Sudah kami siagakan pompa portable, kapasitasnya 2.000 liter permenit,” tandas dia.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif