Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (MI/Bagus Suryo)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (MI/Bagus Suryo)

Khofifah Siapkan Dana untuk Peserta BPJS PBI

Nasional BPJS Kesehatan
Amaluddin • 14 Oktober 2019 20:59
Surabaya: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa akan membantu pembiayaan peserta BPJS Kesehatan Penerima Bantuan Iuran (PBI) di daerahnya. Caranya dengan mengkonversi dana hasil cukai ke peserta BPJS Kesehatan PBI di daerah.
 
"Kita akan coba konversi dengan dana bagi hasil cukai, dan itu hanya boleh digunakan untuk layanan kesehatan terutama PBI Daerah," kata Khofifah di Surabaya, Senin, 14 Oktober 2019.
 
Berdasarkan data dari BPJS Kesehatan Jatim, Khofifah menyebut ada sekitar 607 ribu peserta BPJS Kesehatan PBI di Jatim dinonaktifkan. Khofifah mengaku telah meminta Dinas Sosial (Dinsos) Jatim untuk mendata ulang perihal tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu tersebar dimana saja (PBI), kalau memang masih di Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) harusnya masuk kembali. Tapi akan kita lihat, sebab ini baru informasi jumlah (607 ribu red). Jadi masih ada opsi karena ada uang bagi hasil cukai, sehingga bisa saja itu nanti masuk untuk PBI daerah," jelas Khofifah.
 
Mantan Mensos ini berharap ada intermediasi selama enam bulan. Tujuannya agar masyarakat tidak kaget kalau kepesertaannya di BPJS nonaktif, sehingga perlu ada pemberitahuan terlebih dulu oleh pemerintah. "Jadi saya mau cocokkan data dulu, karena saya baru bisa menghitung kalau datanya clear," ungkap Khofifah.
 
Secara keseluruhan kepesertaan BPJS Kesehatan di Jatim mencapai 28,6 juta atau 72 persen dari sekitar 40,4 juta jumlah penduduk Jatim. Dari jumlah itu, jumlah kepesertaan BPJS PBI di Jatim mencapai 15,2 juta jiwa.
 
Angka itu menurun drastis setelah ada kebijakan baru dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tahun 2019 ini. Sebanyak 1,2 juta jiwa, dikeluarkan sebagai peserta BPJS Kesehatan PBI.
 
Meski demikian, ada 607 ribu orang menjadi peserta baru BPJS Kesehatan PBI. Artinya, hingga saat ini jumlah peserta PBI di Jatim total sebanyak 14,6 juta jiwa.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif