Kepadatan lalu lintas saat jam buruh pabrik berangkat kerja di Mayong Kabupaten Jepara, Jumat, 8 November 2019. Medcom.id/ Rhobi Shani
Kepadatan lalu lintas saat jam buruh pabrik berangkat kerja di Mayong Kabupaten Jepara, Jumat, 8 November 2019. Medcom.id/ Rhobi Shani

Pengangguran di Jepara Tercatat 24.247 Jiwa

Nasional pengangguran
Rhobi Shani • 09 November 2019 10:00
Jepara: Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Diskop UMKM Nakertans) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mencatat jumlah pengangguran mencapai 24.247 jiwa. Sementara jumlah pencari kartu AK1 (kartu kuning) sebanyak 19.375 jiwa.
 
Kepala Diskop UMKM Nakertans Kabupaten Jepara, Eriza Rudi Yulianto, mengatakan sampai saat ini pihaknya masih kesulitan memilah jenjang pendidikan pengangguran. Data jumlah pengangguran dihasilkan dari mengolah data pengangguran yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS).
 
"Kalau rincian jenjang pendidikan pengangguran ini apa-apa saja kami belum merincinya. Data yang kami olah dari BPS angka global kabupaten," kata Eriza, saat dikonfirmasi, Sabtu, 9 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Eriza menjelaskan berdasarkan data yang diolah dari BPS, jumlah angkatan kerja di Bumi Kartini sebanyak 641.799 jiwa. Sementara jumlah warga yang bekerja 617.552 jiwa.
 
Berkait data pencari kerja, Eriza mengaku pihaknya kesulitan mendata para pencari kerja yang sudah mendapatkan pekerjaan. Sebab pada umumnya pemegang kartu AK1 setelah mendapatkan pekerjaan tidak melapor kepada pihaknya.
 
"Kami tahunya ya, kalau perusahaan memberikan laporan. Karena AK1 suah by name, by address. Jadi kami tinggal mencocokan data yang disampaikan perusahaan dengan yang ada di kami," jelas Eriza.
 
Eriza menambahkan jika dibanding tahun-tahun sebelumya, jumlah pencari kerja tahu ini menurun. Pada 2016 hingga 2018 jumlah pencari kerja mencapai sekitar 20 ribu jiwa.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif