Ilustrasi, banjir di Bantul, DIY, pada 2017. Foto: Medcom.id/Patricia Vicka
Ilustrasi, banjir di Bantul, DIY, pada 2017. Foto: Medcom.id/Patricia Vicka

Bantul Siaga Banjir dan Longsor

Nasional bencana banjir
Patricia Vicka • 03 Januari 2020 16:07
Bantul: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menetapkan status siaga darurat banjir dan tanah longsor. Status ini ditetapkan agar pemerintah waspada dan bersiaga menghadapi cuaca ekstrem yang diprediksi melanda DIY sepekan ke depan.
 
"Kami sudah menetapkan status siaga darurat dari himbauan BMKG dikeluarkan," kata Kepala BPBD Bantul Dwi Daryanto di Bantul, Jumat, 3 Januari 2020.
 
Dwi menjelaskan penetapan status sebagai upaya antisipasi. Sehingga dampak cuaca ekstrem tidak separah saat Bantul dilanda siklon Cempaka 2017 silam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Potensi kejadian banjir dan tanah longsor di beberapa lokasi Bantul masih tinggi. Berdasarkan kejadian banjir tahun sebelumnya, air sungai kerap meluap. Akibat tidak mampu menampung debit air kiriman dari Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman.
 
"Jadi manakala kondisi air sungai tidak seperti biasanya kami di Bantul sudah siap. Kalau nanti terjadi sesuatu yang lebih parah lagi kita sudah harus menyampaikan informasi ke warga untuk segera melakukan evakuasi sementara," katanya.
 
BPBD Bantul turut mendirikan 20 pos pantau. Petugas Posko akan memantau permukaan debit air disejumlah sungai serta memantau cuaca di wilayah sebelah utara Bantul.
 
"Sehingga setiap saat apabila di Kota (utara Bantul) hujan, kita bisa memantau permukaan air sungai. dan kalau diperlukan tindakan kita bisa segera berkomunikasi untuk penanganan segera sebelum banjir," katanya.
 
Dwi menegaskan banjir belum menggenangi Kabupaten Bantul. Warga diimbau segera mengungsi jika muncul tanda-tanda banjir dan tanah longsor.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif