Ilustrasi Medcom.id/ Syahmaidar
Ilustrasi Medcom.id/ Syahmaidar

Mentan Siapkan Rp1 Triliun KUR untuk Petani di Sulsel

Nasional pertanian
Muhammad Syawaluddin • 26 Januari 2020 10:10
Makassar: Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo akan mengucurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebanyak Rp1 triliun untuk mengelola pertanian di 24 kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan.
 
"Khusus Sulsel, tadi Pak Sekprov minta Rp1 triliun KUR untuk diserahkan ke Sulsel, dan saya sudah sampaikan ke bank untuk penuhi itu," kata Syahrul di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu, 25 Januari 2020.
 
Syahrul mengatakan bahwa KUR yang disiapkan Kementerian Pertanian ini adalah bagian dari total Rp50 triliun dana KUR yang rencananya bakal dibagikan ke seluruh kelompok tani di tiap provinsi yang ada di Indonesia. Sehingga KUR ini diharapkan bisa mengangkat tingkat perekonomian masyarakat Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dalam kordinasi kita itu ada Rp50 trilun KUR. Tapi, itu masih bisa lebih," jelas Syahrul.
 
KUR yang jumlahnya cukup besar tersebut merupakan implementasi Presiden RI, Joko Widodo terhadap masyarakat, khususnya para petani di Indonesia. Untuk memudahkan mereka dalam mengelola pertaniannya.
 
"KUR ini merupakan dukungan dari Presiden Jokowi kepada petani. Presiden juga telah menurunkan bunga menjadi 6 persen," ungkap Syahrul.
 
Dengan menurunkan bunga bagi para penerima KUR, mantan Gubernur Sulsel ini berharap para petani tidak lagi melakukan peminjaman dana ke berbagai tempat yang bisa menyulitkan. Tapi sudah bisa ke bank-bank yang ada.
 
Sementara Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Sarwo Edhy, mengatakan bahwa serapan KUR pertanian nasional sampai dengan 24 Januari 2020 sudah mencapai Rp600 miliar.
 
"Total nilai KUR pertanian adalah Rp50 triliun. Pembiayaan ini diperuntukkan untuk membantu budidya perkebunan, tanaman pangan, hortikuktura dan pertenakan dengan bunga yang rendah yaitu 6 persen," kata Sarwo.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif