NEWSTICKER
 Pemberangkatan pesawat militer A1333 dari Skadron Udara 32, Lanud Abdul Rahman Saleh, Kabupaten Malang, Jawa Timur, menuju Shanghai, Tiongkok, Sabtu 21 Maret 2020 pagi. (Foto: Dok. Kemenhan)
Pemberangkatan pesawat militer A1333 dari Skadron Udara 32, Lanud Abdul Rahman Saleh, Kabupaten Malang, Jawa Timur, menuju Shanghai, Tiongkok, Sabtu 21 Maret 2020 pagi. (Foto: Dok. Kemenhan)

Pesawat Militer Diberangkatkan Angkut Alat Medis

Nasional Virus Korona
Daviq Umar Al Faruq • 21 Maret 2020 09:41
Malang: Kementerian Pertahanan (Kemenhan) bersama TNI menyiapkan pesawat militer untuk mengangkut alat kesehatan dari Shanghai, Tiongkok. Alat kesehatan nantinya digunakan untuk menangani penyebaran virus korona (covid-19) di Indonesia.
 
Karo Humas Kementerian Pertahanan, Brigjen TNI Totok Sugiharto, mengatakan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto telah mengirimkan surat kepada Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Surat tersebut berisi permintaan memberikan dukungan pesawat terbang untuk mengambil alat kesehatan di Shanghai.
 
"Alat-alat kesehatan yang diambil di Shanghai, berupa disposable masks, n95 masks, protective clothing, googles, gloves, shoe covers, infrared thermometer dan surgical caps," katanya dalam keterangan resmi, Sabtu, 21 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Totok menambahkan pesawat militer digunakan dengan pertimbangan situasi penyebaran covid-19 di Indonesia.Sehingga perlu penanganan cepat, untuk keselamatan rakyat Indonesia.
 
Baca: Pemerintah Pakai Anggaran Kementerian Rp62,3 Triliun Beli Alat Medis
 
Selain itu penggunaan pesawat militer akan mempermudah proses pengambilan alat kesehatan. Sebab agenda ini merupakan misi kemanusiaan yang dituntut untuk tindakan cepat.
 
"Alat kesehatan tersebut nantinya akan digunakan oleh tim medis Kemenhan dan TNI untuk membantu Gugus Tugas Covid 19 dan para dokter dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran covid-19," jelasnya.
 
Informasi yang dihimpun Medcom.id, pesawat militer A1333 diberangkatkan dari Skadron Udara 32, Lanud Abdul Rahman Saleh, Kabupaten Malang, Jawa Timur, menuju Tiongkok, Sabtu pagi, 21 Maret 2020. Pesawat ini diberangkatkan untuk mengambil obat-obatan dari Tiongkok.
 
Jumlah kru yang diberangkatkan sebanyak 18 orang dengan tambahan personel Dispenau berjumlah tiga orang dan perwakilan Kemenhan dua personel. Kru dipimpin oleh Dan Skadron Udara 32, Letkol Pnb Suryo Anggoro
 
Perjalanan akan menempuh waktu kurang lebih 17 jam hingga kembali lagi ke Indonesia. Pesawat diperkirakan tiba di Lanud Raden Sadjad Natuna pukul 06.00 WIB, Minggu 22 Maret 2020.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif