Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

2 RS Swasta di Surabaya Disiapkan untuk Pasien Korona

Nasional Virus Korona
Syaikhul Hadi • 14 Mei 2020 09:35
Surabaya: Pemerintah Kota Surabaya menambah ruang isolasi di dua rumah sakit rujukan, yakni di RS Husada Utama dan RS Siloam Surabaya, Jawa Timur. Selain itu, Asrama Haji Sukolilo Surabaya pun disiapkan menjadi ruang observasi.
 
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, mengatakan pihaknya telah menjalin kerjasama dengan RS Husada Utama untuk menyiapkan tambahan tempat tidur di ruang isolasi pasien covid-19. Ruang pertemuan di rumah sakit itu disulap menjadi tempat perawatan pasien covid-19.
 
"Kita maksimalkan RS Husada Utama dulu dengan 200 bed, terus ada sisa 40 bed yang belum dimanfaatkan," ujar Risma, Rabu, 13 Mei 2020 malam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Pemerintah Kota Surabaya juga dibantu Siloam Hospitals sebanyak 40 bed. Dia berharap tambahan ruang isolasi bisa menampung pasien covid-19 di Kota Surabaya.
 
"kalau itu tidak bisa nampung, baru Asrama Haji (dipakai)," katanya.
 
Baca:Klaster Indogrosir Bertambah 19 orang Reaktif
 
Koordinator Bidang Pencegahan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, Febria Rachmanita, mengatakan Asrama Haji digunakan sebagai gedung perawatan alternatif. Nantinya asrama bakal ditempati oleh orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP).
 
"Totalnya berjumlah 198. Yang menempati nanti ODP. Jadi aman digunakan untuk asrama observasi," tambahnya.
 
Dia memastikan pihaknya telah menyiapkan petugas khusus yang betugas di Asrama Haji. Di antaranya anggota Linmas, Satpol PP, perawat dan dokter.
 
"Selama observasi nanti mereka diawasi oleh tim dokter. Ada penjagaan khusus," ungkapnya.

 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif