Pengungsi korban banjir Perumahan Total Persada. Foto: Medcom.id/Hendrik S
Pengungsi korban banjir Perumahan Total Persada. Foto: Medcom.id/Hendrik S

Pengungsi Banjir Total Persada Mulai Diserang Penyakit

Nasional bencana banjir
Hendrik Simorangkir • 04 Februari 2020 19:07
Tangerang: Pengungsi terdampak banjir peruamah Total Persada, Kelurahan Gembor, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Banten, mulai diserang penyakit. Yakni gatal-gatal dan diare.
 
"Sekarang pengungsi mulai mengeluh dan didominasi penyakit kulit kayak gatal-gatal, sakit perut dan lainnya," ujar Kepala Puskesmas Gembor, Muhammad Mulyadi, Selasa, 4 Februari 2020.
 
Pihaknya menyediakan empat titik posko kesehatan untuk mengakomodasi pengungsi. Yakni di Puskesmas Gembor, Masjid Mujahidin, RW 4, dan RW 10 di kawasan Perumahan Total Persada.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Obat-obatan alhamdulillah masih cukup dan tenaga medis masih terus siaga," katanya.
 
Dia menjelaskan Puskesmas Gembor menyediakan 12 tenaga medis yang tersebar di posko-posko kesehatan. Tenaga medis yang disiagakan terdiri dari dokter, bidan, dan perawat untuk melayani pengungsi banjir.
 
Sementara itu, Camat Periuk Sumardi menuturkan para pengungsi berasal dari tujuh RW dengan jumlah 951 kepala keluarga. Dia mengatakan jumlah pengungsi saat ini 3.848 jiwa.
 
Sunardi mengatakan para pengungsi ditangani selama 24 jam oleh petugas gabungan. Dia memastikan pengungsi dilayani dengan baik dan maksimal.
 
"Kami pastikan kondisi dapur umum dan penampungan terlayani untuk membantu warga secara maksimal," tegasny.
 
Sumardi menambahkan dapur umum telah didirikan di halaman kantor Kecamatan Periuk. Dia melanjutkan di dapur umum tersedia berbagai kebutuhan pokok yang dipasok Dinas Sosial Kota Tangerang.
 
"Kami mempersiapkan makanan yang sehat untuk para pengungsi. Sementara yang lainnya siaga membantu korban banjir yang masih bertahan di rumahnya bersama tim," jelasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif