Ilustrasi pemerkosaan. (Medcom.id)
Ilustrasi pemerkosaan. (Medcom.id)

Viral di Instagram, Mahasiswa UMY Diduga Perkosa Teman Sekampus

Ahmad Mustaqim • 04 Januari 2022 13:59
Bantul: Seorang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) diduga diperkosa teman sekampus. Kasus itu terkuat dari akun media sosial Instagram.
 
Akun dengan nama @dear_umycatcallers mengunggah terjadinya kasus itu pada 1 Januari 2022. Dalam unggahannya, akun tersebut menyebut seorang mahasiswa inisial MKA atau OCD diduga menjadi pelaku pemerkosaan.
 
Wakil Rektor UMY Bidang Kemahasiswaan Alumni dan AIK, Faris Al-Fadhat, mengatakan sudah mengetahui informasi tersebut. Ia mengatakan otoritas kampus tengah mengusut dugaan pemerkosaan itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pihak universitas terus melakukan investigasi hingga tuntas," kata Faris dalam keterangannya kepada media.
 
Baca: Guru Ngaji Cabul di Depok Dijerat Kebiri
 
Pihak kampus tak menoleransi tindakan indisipliner, bahkan masuk kategori kriminal. Faris mengungkapkan Komite Disiplin dan Etika Mahasiswa UMY mulai berproses menangani kasus itu.
 
"Jika nantinya terbukti ada pelanggaran disiplin dan indikasi kriminalitas maka UMY akan memutuskan dengan adil, mengikuti prosedur hukum yang berlaku," ujarnya.
 
Dalam akun itu menuturkan, terduga pelaku disebut sempat berkomunikasi melalui WhatsApp dengan korban. Dari percakapan itu, peristiwa diduga terjadi sekitar tiga bulan lalu. Semula, terduga pelaku berkenalan dengan korban yang diketahui berbeda fakultas. Setelah beberapa waktu berkomunikasi, terduga pelaku mengajak korban ke suatu acara rapat.
 
"Saat di perjalanan, korban merasa aneh karena jalan yang dilewati sepi, seperti bukan jalan menuju ke lokasi rapat. Lalu di tengah perjalanan, MKA (OCD) berhenti ke sebuah toko untuk membeli minuman keras. Setelah itu lanjut perjalanan dan sampailah ke kost pelaku," demikian penjelasan akun tersebut.
 
Baca: Polisi Bekuk 13 Pemerkosa Anak di Nagan Raya, Aceh
 
Korban lantas bingung lantaran malah dibawa ke indekos terduga pelaku. Saat di dalam indekos tersebut, terduga pelaku mengonsumsi minuman keras dan memerkosa korban.
 
"Korban dalam keadaan sadar dan tidak minum miras. Pada waktu itu, korban sedang haid. MKA (OCD) tidak peduli akan hal itu," lanjut penjelasan akun@dear_umycatcallers.  
 
Pemerkosaan itu dilakukan dalam posisi korban sedang haid. Terduga pelaku disebut tak memedulikan kondisi itu. Persetubuan itu dinilai terjadi tanpa persetujaun kedua belah pihak.
 
"Saat perkosaan terjadi, MKA mengatakan ke korban 'kamu yang kuat ya kalo sama aku, soalnya aku hypersex'. Timbul pemerkosaan karena korban tidak sepakat/consent untuk disetubuhi. Nb: mereka tidak dalam hubungan pacaran," lanjut akun dan mengakhiri ajakan pihak yang pernah jadi korban terduga pelaku berani melapor.

 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif