Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat mendatangi tersangka penendang sajen di Gunung Semeru (Foto / Metro TV)
Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat mendatangi tersangka penendang sajen di Gunung Semeru (Foto / Metro TV)

Bupati Lumajang Bertemu Tersangka Penendang Sesajen di Gunung Semeru

Nasional toleransi beragama gunung semeru Jawa Timur
Clicks.id • 23 Januari 2022 15:09
Lumajang: Bupati Lumajang Thoriqul Haq bertemu tersangka penendang sesajen di Gunung Semeru, Hadfana Firdaus. Keduanya bertemu di Mapolres Lumajang bersama Kapolres dan Dandim, Sabtu 22 Januari 2022.
 
Keinginan tersebut sebelumnya disampaikan Thoriq saat Hadfana ditangkap Polda Jatim di Bantul, Yogyakarta, beberapa waktu lalu.
 
Pertemuan antara bupati dan tersangka berlangsung hampir satu jam di lobi Mapolres. Tersangka Hadfana tampak mengenakan seragam tahanan dan berpeci. Setelah itu, tersangka Hadfana kembali digiring ke tahanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami datang untuk mengetahui maksud dan tujuan tersangka melakukan aksi intoleran itu," kata Cak Thoriq sapaan karibnya.
 
Baca: Mahasiswa Universitas Surabaya Tewas Saat Pelatihan Pencinta Alam di Gunung Penanggungan
 
Usai pertemuan, Thoriq menyampaikan keinginanya untuk membentuk dewan kehormatan kerukunan beragama. Tujuannya untuk melakukan penyelesaian dan klarifikasi setiap persoalan yang berkaitan dengan prilaku intoleran.
 
"Saya, Pak Kapolres, Pak Dandim dan semua jajaran Forkopimda akan membuat semacam dewan kehormatan kerukunan beragama," katanya," tuturnya.
 
Dia menambahkan, dewan kehormatan ini juga nantinya akan menjadi instansi untuk menangani perilaku intoleran yang muncul di Kabupaten Lumajang. "Untuk mengklarifikasi semua yang berkenan dengan prilaku intoleran yang dilakukan siapa pun di Kabupaten Lumajang, termasuk yang dilakukan olrh Hadfana ini," tuturnya.
 
Pihaknya berharap dewan kehormatan kerukunan beragama juga akan melakukan pendalaman terhadap kasus prilaku intoleran yang dilakukan oleh Hadfana Firdaus. Sementara itu, Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno menegaskan, proses hukum Hadfana Firdaus, akan tetap berjalan meskipun nanti ada proses islah.
 
"Kasus ini akan terus bergulir ke ranah hukum, adapun nanti ada islah ataupun maaf memaafkan itu tidak akan berpengaruh terhadap proses hukum yang akan kita tempuh," katanya.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif