Bupati Jepara Dian Kristiandi mengunjungi permukiman suku Bugis di Desa Kemujan kepulauan Karimunjawa. Medcom.id/ Rhobi Shani
Bupati Jepara Dian Kristiandi mengunjungi permukiman suku Bugis di Desa Kemujan kepulauan Karimunjawa. Medcom.id/ Rhobi Shani

Rumah Adat di Karimunjawa Akan Dilestarikan

Nasional masyarakat adat
Rhobi Shani • 12 September 2021 13:46
Jepara: Bupati Jepara Dian Kristiandi berkomitmen tetap mempertahankan rumah-rumah adat di kepulauan Karimunjawa. Selain untuk melestarikan, mempertahankan rumah-rumah adat dapat dijadikan destinasi wisata di wilayah terluar Kabupaten Jepara.
 
Bupati Jepara, Dian Kristiandi, mengatakan saat ini jumlah rumah adat Bugis di Karimunjawa kian menipis. Perkampungan rumah adat Bugis di kepulauan Karimunjawa banyak dijumpai di Pulau Kemujan. 
 
“Memang, rumah adat di Karimunjawa tinggal sedikit, ini jangan sampai kita biarkan. Nanti kalau sudah hilang, kita akan kehilangan khazanah budaya luhur,” ujar Dian, saat melihat dari perkampungan Bugis di Pulau Kemujan, Minggu, 12 September 2021

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dian menyampaikan, jika keberadaan rumah adat dapat dipertahankan, bisa dijadikan objek wisata. Sehingga, obyek wisata di Karimunjawa akan lebih variatif. 
 
“Rumah-rumah adat ini nanti pasti akan menjadi suguhan wisata tersendiri bagi wisatawan,” kata Dian.
 
Baca juga: Luwu Utara Banjir Lagi, 982 Jiwa Terdampak
 
Salah satu upaya mempertahankan rumah adat melalui program bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Pemerintah kabupaten berkomitmen tetap membangunkan rumah masyarakat berdasarkan suku masing-masing. Harapannya, masyarakat tetap bisa memiliki rumah layak huni dan tetap sesuai dengan identitas kesukuan masing-masing.
 
“Misalnya nanti ada rumah panggung yang masuk dalam program RTLH, kita akan bangun  dengan tetap menjadi rumah panggung. Jika ada keharusan untuk membuat regulasi khusus, saya akan buatkan. Yang penting rumah adat harus tetap ada,” terang dia.
 
Menurutnya, ada berbagai alasan mengapa masyarakat sekarang memilih membangun rumah modern ketimbang mempertahankan rumah panggung. Salah satunya rumah modern lebih mudah dibangun.
 
Kepulauan Karimunjawa dihuni beragam suku, seperti Suku Bugis, Madura, Jawa, Bajo, dan Mandar. Setiap suku tetap hidup dengan identitas kesukuan masing-masing. Salah satu identitas yang masih kentara adalah rumah adat.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif