Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sumsel Aris Saputra. Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo.
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sumsel Aris Saputra. Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo.

35.696 Personel Satlinmas Siaga Bencana di Sumsel

Nasional bencana alam
Gonti Hadi Wibowo • 17 November 2019 09:03
Palembang: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Selatan telah menyiapkan 35.696 personel Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) mengantisipasi bencana alam banjir dan longsor. Sebanyak 16 petugas akan ditempatkan di setiap kelurahan dan desa.
 
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sumsel Aris Saputra mengatakan anggota Satlinmas memiliki 5 tugas pokok sesuai Permendagri Nomor 84 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat. Seperti membantu penanggulangan bencana dan membantu keamanan, ketentraman, juga ketertiban masyarakat.
 
"Jadi di setiap kejadian bencana Satlinmas harus hadir membantu masyarakat baik itu bencana Karhutla, banjir, tanah longsor dan bencana lainnya," kata Dedi di Palembang, Sabtu, 16 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Puluhan ribu personel Satlinmas itu telah diberikan pelatihan penanggulangan dan pencegahan bencana. Aris ingin petugas Satlinmas siap diterjunkan dalam kegiatan tanggap bencana.
 
Personel Satlinmas itu bukan tanpa pengalaman. Mereka telah berulang kali diterjunkan dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan di Sumsel.
 
Rekrutmen Satlinmas dilakukan melalui SK bupati dan wali kota. Idealnya, setiap kelurahan dan desa memiliki sekitar 16 Satlinmas. Jumlah itu bisa saja lebih banyak tergantung kemampuan anggaran daerah.
 
"Insentif anggota Satlinmas ini diberikan oleh pemerintah kabupaten dan kota, melalui dana insentif. Walau tidak terlalu besar, tapi perannya dalam menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan sungguh vital sehingga pemberdayaannya juga harus tepat," jelas Aris.

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif