Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Sinkronisasi Dana Pertanian Segera Dirampungkan

Nasional pertanian
Rizky Dewantara • 13 November 2019 19:33
Bogor: Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menargetkan sinkronisasi data pertanian di seluruh Indonesia akan diselesaikan pada bulan ini. Syahrul mengatakan dengan adanya data induk yang sama, maka semua wilayah pertanian di Indonesia dapat dilihat dari satelit dan dapat ditentukan jenis tanaman yang tepat pada lahan.
 
"Sinkronisasi data pertanian yang saya miliki, presiden, kepala daerah, camat sampai kepala desa akan menjadi satu dan bulan ini selesai saya kerjaan," kata Syahrul di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu, 13 November 2019.
 
Syahrul menjelaskan dengan adanya data induk, pertanian di Indonesia bisa dengan mudah diakomodasi untuk menentukan jenis tanaman dan masa tanam. Menurut Syahrul data pertanian yang saat ini ada masih berbeda-beda nantinya akan disatukan dengan sistem artificial intelligence maupun internet of things.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semisal, di desa A, harus ditanam apa, bibit apa yang cocok ditanam pada desa itu. Juga kapan terjadi hujan dan kita bisa lakukan penanaman atau tidak. Data ini nantinya terbuka untuk umum dan dapat diakses siapa saja," jelas Syahrul.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif