Penangkapan tersangka kasus dugaan korupsi NTT Fair. Metro TV/Fedinandus Rabu
Penangkapan tersangka kasus dugaan korupsi NTT Fair. Metro TV/Fedinandus Rabu

Berkas Enam Tersangka Korupsi NTT Fair Segera Rampung

Nasional kasus korupsi
Palce Amalo • 14 Juni 2019 17:50
Kupang: Kejaksaan Nusa Tenggara Timur (NTT) segera merampungkan berkas berita acara pemeriksaan (BAP) enam tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan Gedung NTT Fair senilai Rp29 miliar. Kerugian negara akibat kasus dugaan korupsi ini sekitar Rp6 miliar.
 
Untuk kepentingan BAP, penyidik juga akan memanggil kembali para saksi yang sebelumnya diperiksa dalam kasus tersebut, seperti mantan Gubernur NTT Frans Lebu Raya bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Benediktus Polomaing.
 
"Semua saksi akan dipanggil lagi untuk di-BAP masing-masing tersangka," kata Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati NTT Abdul Hakim di Kupang, Jumat, 14 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Abdul Hakim, setelah BAP rampung, langsung dilimpahkan ke pengadilan. Sebanyak enam tersangka kasus ini telah ditahan sejak Kamis 13 Juni yakni YA (Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Rakyat NTT), DT (Pejabat Pembuat Komitemen (PPK) Dinas Perumahan dan Permukiman Rakyat NTT), HP (Pemilik PT Ciptra Eka Puri, perusahaan yang mengerjakan proyek NTT Fair).
 
Tiga lainnya, LL (Kuasa Direktur PT Cipta Eka Puri), BY (Direktur Konsultan Pengawas), dan FB (Konsultan Pengawas).
 
Gedung NTT Fair dibangun di Kelurahan Lasiana, Kota Kupang sejak 2018. Rencananya gedung ini dimanfaatkan khusus untuk pameran. Gedung dikerjakan mulai 14 Mei-19 Desember 2019, namun tidak rampung. Sampai Maret 2019, progres pembangunan proyek sekitar 54,8%, namun anggaran yang sudah dicairkan telah mencapai 100 persen.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif