Foto udara kondisi aliran Sungai Citanduy yang surut di Bendungan Dobo, Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (4/9/2019). ANTARA FOTO/Adeng Bustom
Foto udara kondisi aliran Sungai Citanduy yang surut di Bendungan Dobo, Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (4/9/2019). ANTARA FOTO/Adeng Bustom

64 Ribu Jiwa di Cilacap Dilanda Krisis Air Bersih

Nasional kemarau dan kekeringan
Antara • 18 September 2019 13:31
Cilacap: Kekeringan yang melanda kawasan Cilacap, Jawa Tengah semakin meluas karena kemarau semakin panjang. Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Tri Komara Sidhy mengatakan kekeringan telah melanda 62 desa yang tersebar di 19 kecamatan.
 
"Ada 22 ribu lebih keluarga atau lebih dari 64 ribu jiwa yang dilanda krisis air bersih. Saat sekarang, warga umumnya mengandalkan suplai dari BPBD," kata Tri saat dikonfirmasi, Rabu, 18 September 2019.
 
Tri menjelaskan jika pihaknya meminta kepada masyarakat untuk menghemat air. Sebab, musim kemarau diprediksi masih panjang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"BPBD Cilacap telah mengajak pihak ketiga untuk ikut serta menanggulangi kekeringan dengan melakukan suplai air bersih," jelas Tri.
 
Tri kembali mengatakan tahun ini kekeringan di Cilacap lebih luas jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sebab musim kemarau lebuh kering sehingga dampaknya lebih luas.
 
"Berdasarkan prakiraan dari BMKG, hujan baru akan turun pada Oktober mendatang," pungkas Tri.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif