Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

3 Napi Lapas Kelas IIA Banda Aceh Kabur

Nasional tahanan kabur
Fajri Fatmawati • 05 Agustus 2020 11:56
Banda Aceh: Sebanyak tiga narapidana yang tengah menjalani hukuman terkait kasus narkoba di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banda Aceh di Lambaro, Aceh Besar, kabur. Kapolresta Banda Aceh, Kombes Trisno Riyanto, mengatakan tiga narapidana sebelumnya ditahan di kamar sel isolasi.
 
"Dalam kamar isolasi tersebut terdapat empat orang narapidana. Mereka sepertinya telah lama merencanakan untuk melarikan diri dari sel tahanan yang dihuninya," kata Trisno, Rabu 5 Agustus 2020.
 
Ketiga narapidana tersebut melakukan aksinya dengan cara membongkar pintu ruang isolasi dan mencongkel jeruji pintu bagian bawah. Kemudian pintu ditarik menggunakan kain yang disambung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Peristiwa tersebut telah direncanakan sejak pukul 02.00 WIB saat arus listrik di lapas dalam kondisi padam. Sehingga ketiga narapidana bisa kabur pukul 04.00 WIB.
 
"Saat keluar dari ruang isolasi, mereka menuju tembok pembatas dan mengikat kain yang telah disambung untuk melarikan diri dari Lapas," ujarnya.
 
Baca:5 Tahanan Polsek Sukarami Palembang Kabur
 
Aksi tersebut diketahui oleh penjaga rumah tahanan saat pelaksanaan apel narapidana dengan cara melakukan pengecekan ke ruang-ruang yang dihuni tahanan.
 
"Namun pintu blok yang di bongkar tersebut di tutup rapi menggunakan kain dan melihat para narapidana yang ada di dalam tinggal satu orang," ungkapnya.
 
Ketiga narapidana yang berhasil melarikan diri yakni, Kasimin, Saiful Amri dan Heri Fauzi Bi Abdullah. Ketiganya terkait perkara penyalahgunaan narkotika.
 
"Kita imbau agar para napi yang kabur untuk menyerahkan diri ke polsek maupun polres setempat dan apabila ada yang mengetahui keberadaan mereka, segera melapor, kerahasiaan pelapor terjamin aman," ucap Trisno.
 
Pihak kepolisian Polresta Banda Aceh akan menindak tegas, bila imbauan ini tidak diindahkan. Dia memastikan memburu para tahanan kabur.
 
"Maka baiknya mereka segera menyerah kepada pihak berwajib," jelasnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif