Ilustrasi. (Foto: MI/Arya Manggala)
Ilustrasi. (Foto: MI/Arya Manggala)

4.641 Balita di Palembang Terkena Stunting

Nasional stunting
Gonti Hadi Wibowo • 23 Februari 2020 16:43
Palembang: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang mencatat sebanyak 4.641 balita usia 0-5 tahun terkena stunting pada 2019. Penderita stunting mendominasi di 10 wilayah di kawasan Seberang ulu, Palembang, Sumatra Selatan.
 
"Berdasarkan data Aplikasi Elektronik Pencatatan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (E-PPGBM) stunting di Palembang itu di angka 7,9 persen atau 4.641 balita dari keseluruhan yang mencapai 113.718 balita," kata Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Palembang, Eni Hardiani, Minggu 23 Februari 2020.
 
Eni mengatakan stunting di Kota Palembang mencapai 27,67 persen atau masih rendah ketimbang standar nasional yakni 30 persen. Penderita stunting di Kota Palembang didominasi usia 3-5 tahun, yang mencapai 2.806 balita.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Cegah Stunting, Ma'ruf Melarang Pernikahan Dini
 
"Total dari 4.641 balita itu rata-rata yang terkena stunting di usia 3-5 tahun mencapai 2.806 balita. Balita yang menderita stunting biasanya ditandai dengan fisik berbadan pendek hingga dewasa tidak sesuai dengan usianya," jelasnya.
 
Dia mengungkap penderita stunting di Kota Palembang didominasi di 10 kawasan di Seberang Ulu, salah satunya di Kelurahan Kuto Batu. Dia menutukan rata-rata warga Kelurahan Kuto batu kesulitas akses air bersih dan kurangnya kebersihan lingkungan mandi, cuci, dan kakus (MCK).
 
Pihaknya telah menyediakan makanan tambahan di setiap puskesmas selama tiga bulan. Makanan tambahan diberikan kepada ibu hamil untuk mengurangi stunting di Palembang tahun ini.
 
"Ibu hamil bisa memeriksa kandungannya secara teratur nantinya. Jika makanan tersebut habis kita kasih makanan tambahan lagi selama tiga bulan agar sang bayi beratnya sesuai dengan usia kehamilan dan sehat," tandasnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif