Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Medcom.id/ Roni Kurniawan
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Medcom.id/ Roni Kurniawan

15 Daerah di Jabar Terapkan New Normal pada 1 Juni

Nasional Virus Korona New Normal
Roni Kurniawan • 29 Mei 2020 21:08
Bandung: Sebanyak 15 daerah di Jawa Barat akan menerapkan new normal pada 1 Juni 2020. Hal itu dipastikan setelah dilakukan evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) se-Jabar yang berakhir 29 Mei 2020.
 
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, mengatakan 15 daerah tersebut berhak menerapkan new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) karena masuk dalam zona biru, artinya penyebaran covid-19 dapat terkendali.
 
15 daerah di Jabar yang akan menerapkan AKB yakni, Kabupaten Bandung Barat, Kab. Ciamis, Kab. Cianjur, Kab. Cirebon, Kab. Garut, Kab. Kuningan, Kab. Majalengka, Kab. Pangandaran, Kab. Purwakarta, Kab. Sumedang, Kab. Tasikmalaya, Kota Banjar, Kota Cirebon, Kota Sukabumi dan Kota Tasikmalaya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena dalam kriteria ilmiah itu, zona yang masuk level 2 itu terkendali maka 60 persen yang zona biru ini lah yang kami beri izin untuk melakukan new normal," kata Emil di Gedung Pakuan, Jalan Otto Iskandardinata, Kota Bandung, Jumat, 29 Mei 2020.
 
Baca: Bukittinggi Siap Jalankan New Normal
 
Emil menuturkan new normal tersebut dibagi dalam beberapa tahapan agar bisa terus menjaga dan mengendalikan penyebaran virus korona. 15 daerah tersebut pun tetap harus menjalankan standar protokol kesehatan selama menerapkan new normal yang dimulai pada 1 Juni nanti.
 
"Tahap pertama rumah ibadah, per satu Juni dipersilahkan tapi 50 persen dari kapasitas. Kemudian di AKB berikutnya adalah ekonomi, yang didahulukan adalah ekonomi resiko kecil tapi impactnya besar adalah industri, maka tahap satu pembukaan ekonomi itu industri dan perkantoran. Maka tahap ketiganya baru ritel, mal, jual beli," beber Emil.
 
Emil mengimbau kepada masyarakat agar tidak berperilaku berlebihan tertuama di daerah yang akan menerapkan new normal. Pasalnya jika kasua korona di daerah tersebut meningkat, maka akan langsung diterapkan kembali PSBB.
 
"AKB itu bertahap, jadi masyarakat jangan eurofia, pada saat akan dimumkan di 15 daerah nanti," pungkas Emil.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif