Gubernur Sumsel, Herman Deru, Jumat, 7 Agustus 2020.
Gubernur Sumsel, Herman Deru, Jumat, 7 Agustus 2020.

18.082 Mahasiswa Sumsel Terdampak Covid-19 Dapat Bantuan UKT

Nasional Virus Korona
Gonti Hadi Wibowo • 07 Agustus 2020 18:44
Palembang: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Selatan memberikan bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) kepada 18.082 mahasiswa di 92 perguruan tinggi negeri maupun swasta. Mahasiswa tersebut mendapatkan bantuan Rp1 juta selama dua semester.
 
"Bantuan ini merupakan bentuk kehadiran Pemprov Sumsel untuk meringankan beban dari orang tua mahasiswa yang terdampak selama masa pandemi covid-19," kata Gubernur Sumsel, Herman Deru, Jumat, 7 Agustus 2020.
 
Baca: 2 Kelompok Massa di Tangerang Bentrok

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Herman mengatakan bantuan ini diberikan untuk semester ganjil dan genap dengan rincian per semester mahasiswa mendapat Rp500 ribu dan akan langsung diberikan ke perguruan tinggi masing-masing.
 
"Bantuan juga kami salurkan ke mahasiswa Sumsel yang berada di luar negeri seperti di yang Sudan dan Mesir," jelasnya.
 
Herman menjelaskan pihaknya telah mengeluarkan anggaran sebesar Rp18 miliar dalam memberikan bantuan UKT kepada para mahasiswa. Selain perguruan tinggi, 328 pondok pesantren juga diberikan bantuan dalam menghadapi new normal atau normal baru.
 
"Mahasiswa yang berhak menerima bantuan ini merupakan mahasiswa yang sudah diajukan oleh universitas masing-masing lewat seleksi. Mereka yang memenuhi kriteria penerima bantuan yang mendapat stimulus ini," ungkapnya.
 
Sementara Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Riza Fahlevi, mengatakan bantuan tersebut diberikan tidak langsung ke mahasiswanya melainkan ke rekening kampus dan ponpes masing-masing. Nantinya pihak kampus yang akan memotong uang kuliah mahasiswa.
 
"Jadi mahasiswa cukup membayar sisa dari uang UKT itu. Misalnya biaya semester Rp2 juta ya tinggal dibayar Rp1,5 juta lagi," ujar Riza.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif