Ilustrasi gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 22 Maret 2018. Foto: Medcom.id/ Siti Yona Hukmana.
Ilustrasi gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 22 Maret 2018. Foto: Medcom.id/ Siti Yona Hukmana.

Bupati Banggai Sesalkan Kinerja KPU

Nasional pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Antara • 17 April 2019 17:29
Palu: Bupati Banggai, Sulawesi Tengah, Herwin Yatim menyesalkan kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) di wilayahnya yang lamban mendistribusikan logistik pemilu hingga Rabu pagi, 17 April 2019. Keterlambatan tersebut berimbas kepada aktivitas pemungutan suara pada tujuh dari 23 kecamatan di daerah Banggai.
 
"Keterlambatan terjadi disebabkan tidak profesionalnya manajemen KPU Banggai," kata Herwin seperti dilansir Antara, Rabu, 17 April 2019.
 
Baca: 11 Kecamatan di Banggai Terancam Tidak Lakukan Pencoblosan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Herwin mengatakan, sejak beberapa hari sebelumnya, Pemkab bersama unsur Forkompimda Banggai telah menawarkan jasa TNI, Polri dan Polisi Pamong Praja untuk membantu distribusi logistik, namun ditolak.
 
"Alasannya masih mampu dengan tenaga yang ada. Tapi hasilnya," jelas Herwin.
 
Informasi yang dihimpun menyebutkan, sejumlah TPS di Desa Sinorang, Kecamatan Batui Selatan belum mendapat logistik sehingga banyak pemilih yang pulang dan membubarkan diri dari TPS.
 
Sebagai kepala daerah, Herwin mengimbau masyarakat khususnya di tujuh kecamatan di daerahnya agar tetap tenang karena pemerintah akan menjamin hak warga untuk tetap bisa menyalurkan haknya.
 
"Sekarang kami semua turun tangan membantu sesuai aturan dan mekanisme yang ada sehingga KPU bisa menyalurkan logistik pemilu ke semua daerah itu," beber Herwin.
 
Sebelumnya hingga H-1 pencoblosan, distribusi logistik baru mencapai 10 kecamatan dari 23 kecamatan di daerah itu.
 
Sementara Ketua KPU Banggai Zaidul Bahri Mokoagow mengatakan, hingga Selasa pagi, pendistribusian logistik baru mencapai 10 kecamatan, tapi dia optimistis pendistribusian selesai sebelum waktu pencoblosan.
 
"Kecamatan terjauh seperti Nuhon, Simpang Raya, Bunta dan Balantak sudah terkirim. Tadi diberangkatkan lagi untuk wilayah dataran Toili. Jadi tinggal wilayah terdekat yang akan kami salurkan," kata Zaidul.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif