Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Istimewa)
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Istimewa)

Gibran: Karantina di Hotel Hanya Saran bagi Pemudik Mampu

Nasional Mudik Lebaran karantina mandiri Ramadan 2021 Idulfitri 2021
Triawati Prihatsari • 21 April 2021 15:19
Solo: Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menegaskan karantina di hotel bagi pemudik kaya yang nekat pulang kampung hanya bersifat saran. Pihaknya saat ini tengah menyiapkan kategori mampu untuk menentukan saran bagi para pemudik tersebut.
 
"Karantina mandiri di hotel disarankan untuk pemudik yang mampu. Nanti ada kriterianya," ujarnya, di Solo, Rabu, 21 April 2021.
 
Di sisi lain, Pemkot Solo menyediakan dua lokasi karantina bagi pemudik nekat yaitu di Solo Techno Park (STP) dengan kapasitas 200 tempat tidur, serta Ndalem Joyokusuman dengan kapsitas 60 tempat tidur. Pemkot Solo juga memberlakukan larangan mudik lebih awal dari pemerintah pusat yaitu mulai 1-17 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemberlakuan larangan mudik lebih awal diharapkan efektif mencegah kedatangan pemudik awal pada momen Lebaran 2021.
 
Baca juga: Bupati Puncak Sebut Aktivitas Pemerintahan Belum Normal Pascateror KKB
 
"Jika tidak mau dikarantina, wajib menunjukkan surat izin keluar/masuk (SIKM) yang dapat diperoleh dari Kelurahan asal. SIKM berlaku secara individual dan hanya berlaku untuk sekali perjalanan," imbuh Ketua Satgas Covid-19 Solo, Ahyani.
 
Ia menambahkan, bagi warga pemudik atau pendatang yang tidak dapat menunjukkan dokumen SIKM dan hasil negatif tes swab PCR, wajib menjalankan karantina di lokasi yang ditentukan selama lima hari. 
 
"Nanti yang tidak menunjukkan SIKM dan hasil negatif tes swab, akan diterapkan tes rapid antigen. Kalau diketahui nonreaktif, langsung karantina lima hari di STP. Kalau reaktif bergejala langsung dirujuk ke RS rujukan covid-19, dan jika reaktif tanpa gejala dikirim ke Asrama Haji Donohudan Boyolali untuk karantina," jelasnya.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif