Wali Kota Bogor yang juga politikus PAN Bima Arya. Foto: Medcom/Rizky Dewantara
Wali Kota Bogor yang juga politikus PAN Bima Arya. Foto: Medcom/Rizky Dewantara

Pemkot Bogor Beri 3 Syarat untuk Sekolah Tatap Muka

Nasional Virus Korona Metode Pembelajaran Kenormalan Baru Bima Arya Sugiarto
Rizky Dewantara • 24 November 2020 10:39
Bogor: Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor memberikan tiga syarat bagi sekolah yang ingin melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka. Syarat itu berlaku untuk semua jenjang pendidikan.
 
"Jadi ada tiga syarat untuk menggelar aktivitas pembelajaran. Yakni, izin dari pemerintah daerah, komite sekolah, dan juga kepala sekolah," ungkap Wali Kota Bogor, Bima Arya, di Balaikota Bogor, Jawa Barat, Selasa, 24 November 2020.
 
Diterangkan Bima, selama beberapa pekan ke depan, pemerintah daerah melalukan sosialisasi. Kemudian Dinas Pendidikan Kota Bogor menyiapkan daftar isian yang harus dipenuhi sekolah. Selanjutnya, pihak sekolah harus mengajukan izin untuk membuka kegiatan belajar mengajar secara tatap muka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: KPAI: Sebagian Besar Sekolah Belum Siap Belajar Tatap Muka
 
"Namun jika komite sekolah mendukung tetapi ada wali murid yang tidak setuju, anak itu tidak wajib mengikuti pembelajaran secara tatap muka. Karena Izin orang tua itu yang utama," tegasnya.
 
Ia menuturkan, Pemkot Bogor telah menyepakati kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dilakukan pada  11 Januari 2021, secara bertahap. Rencana menyelenggarakan pembelajaran tatap muka harus diiringi dengan kesiapan dan kepastian dari aspek protokol kesehatan.
 
"Kami juga telah melakukan koordinasi dengan Dinkes Kota Bogor untuk melakukan tes usap kepada 18 ribu tenaga didik di Kota Bogor," tambah Bima.
 
Bima menilai, saat ini pembelajaran jarak jauh (PJJ) sudah tidak maksimal. Selain itu, kata dia, PJJ semakin lama berdampak negatif.
 
"Berdasarkan laporan yang kami terima,  banyak dampak negatif selama PJJ, yang dialami dari siswa, sekolah, orang tua dan lain-lain," papar Bima.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif