ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Bencana Banjir Mengintai Sejumlah Wilayah di Semarang

Nasional banjir musim hujan bencana alam bencana banjir
Mustholih • 27 Oktober 2020 21:47
Semarang: Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah, bersiaga menghadapi bencana banjir. Hujan yang belakangan ini mulai intens mengguyur Jawa Tengah membuat beberapa daerah di Kota Semarang rawan banjir.
 
"Curah hujan yang tinggi memang baik. Namun apabila terlalu besar dan tidak ada persiapan penanganan yang tepat, dikhawatirkan akan menimbulkan bencana seperti banjir," kata Penjabat sementara Wali kota Semarang, Tavip Supriyanto, Selasa, 27 Oktober 2020.
 
Baca: Restorative Justice, Kejaksaan Jombang Bebaskan Dua Pelaku Tindak Pidana

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tavip menjelaskan daerah di Kota Semarang yang berpotensi besar dilanda banjir ada di Kecamatan Semarang Utara, Semarang Timur, Semarang Barat, Gayamsari, Genuk, Pedurungan, Tembalang, Gunungpati, dan Candisari. Tavip meminta masyarakat Kota Semarang bersiaga.
 
"Bencana alam bisa terjadi kapan pun dan di manapun. Banjir, tanah longsor, angin puting beliung, dan lain sebagainya. Kita harus bisa menyamakan langkah dan menyatukan tekad saling bahu-membahu dalam menanggulangi potensi bencana di Kota Semarang," jelas Tavip.
 
Tavip mengaku sudah berkoordinasi dengan Polisi dan TNI di Kota Semarang. Hasilnya 300 personel gabungan Polisi, TNI, Basarnas, dan PNS Kota Semarang bersepakat melakukan antisipasi bencana hidrometeorologi.
 
Selain itu Tavip meminta respon aktif masyarakat Kota Semarang menjaga saluran sungai. Menurutnya warga Kota Semarang harus membantu Pemerintah menjaga kebersihan sungai dari sampah-sampah rumah tangga.
 
"Mari kita sosialisasikan bersama-sama kepada masyarakat terkait langkah antisipasi ketika terjadi banjir. Seperti mematikan listrik, mematikan kompor, dan menyiapkan apa yang bisa dibawa dalam satu kotak dan mengunci pintu rumah ketika harus mengungsi," ujar Tavip.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif