Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

PPKM Solo Efektif Kendalikan Hajatan di Tengah Pandemi

Nasional Virus Korona protokol kesehatan
Triawati Prihatsari • 22 Januari 2021 14:43
Solo: Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Solo dinilai efektif dalam mengendalikan kegiatan hajatan di masyarakat selama pandemi. Namun di sisi lain, PPKM belum berdampak signifikan pada pengurangan kasus covid-19 di Solo.
 
"Yang efektif menekan acara hajatan. Jadi kegiatan hajatan dan rapat-rapat umum dapat dikendalikan. Kalau untuk angka penurunan kasus covid-19 belum berdampak. Karena masih baik secara signifikan," papar Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani, di Solo, Jumat, 22 Januari 2021.
 
Namun demikian, dia mengatakan Pemkot Solo siap menjalankan instruksi dari pemerintah baik pusat maupun provinsi jika diharuskan memperpanjang PPKM. Meski demikian, kondisi di lapangan saat ini belum ada perbedaan berarti.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain kasus harian yang terus naik, angka kematian akibat covid-19 juga di atas empat orang per hari.
 
"Sebenarnya kalau angka kasus covid-19 masih tinggi bukan karena kegagalan PPKM ya, karena dinamikanya seperti itu. Masyarakat sendiri juga sulit jika harus selalu di rumah. Mengendalikan mobilitas mereka sulit karena pemerintah juga tidak mampu membiayai mereka selama di rumah. Karena kebutuhan saat di rumah tidak hanya makan dan minum," terangnya.
 
Baca: Melandai, Wagub Jatim Sebut Penerapan PPKM Berjalan Baik
 
Ke depan, Pemkot Solo kembali akan melakukan koordinasi guna mengevaluasi PPKM yang telah berjalan selama 20 hari terakhir. Terkait itu, sangat dimungkinkan juga untuk adanya perubahan Surat Edaran (SE) tentang penanganan covid-19.
 
"Kalau angka penukaran bisa stabil di bawah 50 per hari, mungkin bisa mulai dilakukan pengendoran. Tapi untuk sekarang jangan dulu. Yang penting juga, ekonomi masyarakat masih bisa berjalan," ungkapnya.
 
Di sisi lain, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengaku belum menerima surat resmi instruksi dari pusat ataupun provinsi Jawa Tengah terkait rencana perpanjangan PPKM tersebut.
 
"Belum ada. Ya kita nanti ngikut saja. Sambil dilakukan evaluasi juga," terangnya. 
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif