Menteri BUMN Erick Thohir/Medcom.id
Menteri BUMN Erick Thohir/Medcom.id

Pemberdayaan Pesantren Dekatkan Erick Thohir dengan Warga NU

Nasional pesantren Santri nahdlatul ulama Erick Thohir
Deny Irwanto • 27 Januari 2022 22:17
Jakarta: Sejumlah program konkret Menteri BUMN, Erick Thohir, untuk memberdayakan pesantren menjadi faktor makin dekatnya dengan Nahdlatul Ulama (NU).
 
Pengamat Politik, Surokim Abdussalam, menilai berkat kebijakannya Erick thohir semakin dekat dengan berbagai lapisan warga NU.
 
"Pak Erick juga rajin turba (turun basis) ke pesantren untuk pemberdayaan UMKM melalui kerjasama BUMN. Sejauh ini penerimaan Pak Erick di kalangan muda warga NU tonenya cukup positif," kata Surokim Abdussalam dalam keterangan pers, Kamis, 27 Januari 2024.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Rusak Mapolda Jabar, Kapolresta Cirebon Razia Anggota GMBI
 
Surokim menyatakan dukungan dari warga NU tak lepas dari kepiawaian Erick dalam berbaur dengan massa NU. Erick yang juga Anggota Kehormatan Banser itu berhasil membawa sejumlah terobosan yang bisa meningkatkan kualitas santri dan perkembangan pesantren. 
 
"Pak Erick Thohir termasuk salah tokoh muda di Pemerintahan Jokowi yang mulai mendapat respons positif dan bisa diterima oleh kalangan muda Nahdliyin. Dalam beberapa moment kita bisa melihat kedekatan beliau dengan teman-teman Banser NU," jelasnya.
 
Surokim yang juga Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC) mengatakan Erick juga dinilai memiliki pengalaman dan kapabilitas. Sehingga menurut Surokim ke depan, bukan tidak mungkin dukungan dari warga NU itu akan lebih banyak dan meluas.
 
"Jika Pak Erick bisa memberi kontribusi lebih banyak dan  konkret kepada kelompok-kelompok warga NU, saya pikir dukungan bisa meluas dan peluang untuk bisa masuk radar dukungan warga NU akan kian terbuka," ungkap Surokim.
 
Seperti diketahui Erick telah menyiapkan beragam program dan kebijakan yang berorientasi pada peningkatan kualitas santri dan perkembangan pesantren, seperti program Santri Magang di BUMN dan program 2000 Pertashop, yang berkolaborasi dengan pesantren sebagai wujud komitmen membangun ekonomi umat berbasis pesantren.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif