Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Medcom.id/Surya Perkasa.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Medcom.id/Surya Perkasa.

Gubernur Jateng Kedepankan Dialog Terkait Proyek di Desa Wadas

Antara • 09 Februari 2022 15:45
Semarang: Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengedepankan dialog terkait proyek Bendungan Bener di Desa Wadas. Ganjar menggandeng Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menjembatani dialog antara pihak pro dan kontra.
 
"Kenapa kami ajak Komnas HAM? Karena Komnas HAM akan menjadi institusi netral yang kita harapkan menjembatani," kata Ganjar seperti dikutip dari Antara, Rabu, 9 Februrari 2022.
 
Menurut dia, Komnas HAM datang ke Wadas menengahi warga yang pro dan kontra. Sehingga, ada ruang  untuk berdialog terkait proyek bendungan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini bagian dari kami mengajak masyarakat agar bisa berpartisipasi agar pekerjaan ini berjalan mulus," ujar Ganjar.
 
Baca: Ganjar Bertanggung Jawab atas Insiden Kekerasan di Desa Wadas
 
Selain itu, pihaknya melakukan pendekatan ke tokoh agama, dan masyarakat di Desa Wadas. Ganjar tak akan mengintervensi pihak-pihak yang masih kontra dan menolak pembangunan infrastruktur itu.
 
"Kami menghormati mereka dengan sikapnya. Untuk itu lah kami sangat prudence, kami sangat hati-hati," ujar Ganjar.
 
Menurut dia, Komnas HAM secara proaktif mendekati warga yang kontra dan membuka ruang dialog. Pihak pro dan kontra pernah diundang untuk berdialog pada 20 Januari 2022.
 
"Namun pertemuan hanya dihadiri yang pro, sedangkan yang kontra tidak hadir. Untuk yang pro kemarin meminta segera dilakukan pengukuran lahan, untuk yang kontra didatangi Komnas HAM, jadi Komnas HAM punya effort yang cukup bagus," ujar Ganjar.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif