Sejumlah masyarakat yang melintasi jalur bundaran Tugu Ali Anyang, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya mengikuti tes covid-19. Antara/ Rendra Oxtora
Sejumlah masyarakat yang melintasi jalur bundaran Tugu Ali Anyang, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya mengikuti tes covid-19. Antara/ Rendra Oxtora

Dinkes Kubu Raya Siapkan 2.000 Kantong GeNose

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 Protokol Covid-19
Antara • 16 Mei 2021 15:23
Pontianak: Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, menyiapkan 2.000 kantong alat tes covid-19 GeNose. Ribuan alat tersebut disiapkan pada pos pemeriksaan di Bundaran Tugu Ali Anyang dan Terminal Rasau Jaya untuk mengantisipasi virus korona dari pendatang.
 
"Untuk mengantisipasi peningkatan kasus covid-19, kami menyiapkan dua alat GeNose dan 2.000 kantong GeNose di Bundaran Tugu Ali Anyang sebanyak 1.000 kantong dan 1.000 kantong lainnya di Pelabuhan Rasau Jaya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Marijan, di Sungai Raya, Minggu, 16 Mei 2021.
 
Baca: Tempat Wisata di Jepara Sepi Pengunjung

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan sejak pertengahan Ramadan pihaknya sudah melakukan penelusuran covid-19 dengan alat GeNose C19 di dua pintu masuk tersebut.
 
Di Pelabuhan Rasau Jaya pihaknya mengantisipasi warga Kubu Raya yang datang dari Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara, sedangkan di Bundaran Tugu Ali Anyang mengantisipasi warga Kubu Raya yang datang dari Kabupaten Sintang, Kapuas Hulu, Melawi, Sekadau dan Kabupaten Sanggau.
 
"Karena hari ini yang merupakan hari terakhir libur lebaran, diperkirakan akan banyak warga yang datang dari berbagai daerah melalui pintu darat dan pintu sungai ke Kota Pontianak maupun ke Kabupaten Kubu Raya," jelasnya.
 
Marijan menambahkan penelusuran covid-19 dengan alat GeNose C19 di dua pintu masuk itu tidak hanya dilakukan bagi warga yang masuk ke Kubu Raya saja melainkan sebelumnya juga dilakukan bagi warga yang keluar di 7 kabupaten lainnya melalui pintu darat dan sungai.
 
Pelaksanaan testing GeNose ini pihaknya bekerjasama dengan TNI/Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan tenaga kesehatan dari sejumlah Puskesmas.
 
"Dari hasil testing GeNose yang dilakukan sejak pertengahan bulan suci Ramadhan lalu sampai hari ini, terdapat lima warga yang hasil testing GeNosenya positif covid-19, yang mana ke lima warga tersebut langsung dilakukan swab PCR dan dirawat di sejumlah rumah sakit di Kota Pontianak," ungkapnya.
 

 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif