Gunung Merapi di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta tiga kali meluncurkan awan panas guguran pada Selasa (13/4). (ANTARA/HO/twitter BPPTKG)
Gunung Merapi di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta tiga kali meluncurkan awan panas guguran pada Selasa (13/4). (ANTARA/HO/twitter BPPTKG)

Merapi Luncurkan Awan Panas Guguran Tiga Kali

Nasional gunung merapi erupsi gunung agung
Antara • 13 April 2021 07:19
Yogyakarta: Gunung Merapi di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta tiga kali meluncurkan awan panas guguran ke arah barat daya. Dengan jarak luncur paling jauh hingga 1,8 km pada Selasa, 13 April 2021.
 
"Merapi meluncurkan awan panas guguran pertama pada pukul 02.35 WIB," Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida.
 
Awan panas guguran itu, menurut dia, tercatat di seismogram beramplitudo 13 mm dan terjadi selama 92 detik. Jarak luncur 1.300 meter ke arah barat daya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Awan panas guguran kembali terpantau pada pukul 04.28 WIB dengan jarak luncur 1.000 meter ke arah barat daya memiliki amplitudo 23 meter dan berlangsung selama 80 detik.
 
Baca: Volume Kubah Lava Sektor Barat Merapi 1.098.000 Meter Kubik
 
Pada pukul 04.47 WIB, awan panas guguran ketiga meluncur dari Gunung Merapi dengan jarak sejauh 1.800 meter ke arah barat daya memiliki amplitudo 46 mm dan terjadi selama 112 detik.
 
Hingga saat ini, BPPTKG masih mempertahankan status aktivitas Gunung Merapi pada Level III atau Siaga. Guguran lava dan awan panas Gunung Merapi diperkirakan berdampak pada wilayah dalam sektor selatan-barat daya yang meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.
 
"Apabila gunung api itu meletus, lontaran material vulkanisnya dapat menjangkau daerah dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung," ujarnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif